Ambon, 9/5 (Antara Maluku) - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat menggelar kegiatan Bakti Sosial Donor Darah yang berlangsung di aula Rumah Sakit Tentara (RST) Prof Latumeten Ambon, Senin dalam rangka peringatan HUT ke-17 Kodam XVI/Pattimura.

Panglima Kodam XVI/Pattimura Mayor Jenderal TNI Doni Monardo, dalam sambutan tertulis yang dibacakan Danrem 151/Binaiya Kolonel Inf Edy Sutrisno, menyampaikan penghargaan tinggi kepada semua pihak yang membantu sehingga kegiatan itu dapat berjalan lancar, tertib dan aman.

"Kegiatan bakti sosial donor darah ini menargetkan 200 peserta, yang dilaksanakan secara terencana dan tepat sasaran," katanya.

Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk mengurangi beban masyarakat Kota Ambon, prajurit TNI, PNS dan keluarga besar Kodam XVI/Pattimura, sekaligus untuk meningkatkan derajat kesehatan di wilayah ini.

Menurut Pangdam Doni, manusia sebagai mahluk sosial pada dasarnya saling membutuhkan dan memberikan manfaat agar mendapat berkah dari Tuhan Yang Maha Esa.

Ia menyatakan, manusia tidak ada yang sempurna dan pasti membutuhkan bantuan orang lain. Manusia juga tidak bisa hidup sendiri-sendiri tetapi hidup saling membantu dan menolong.

"Apa yang dirasakan oleh orang lain, kita perlu merasakan. Harus ada perhatian dan kepedulian tinggi di antara sesama ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa, karena manusia memang diciptakan untuk saling membantu," katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa kegiatan bhakti sosial donor darah juga untuk meningkatkan jiwa korsa, membangkitkan semangat kejuangan, menumbuhkan rasa kecintaan dan kebanggaan sebagai keluarga besar Kodam XVI/Pattimura.

"Prajurit TNI adalah tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional, dan tentara profesional yang berpegang teguh kepada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI, pada setiap pelaksanaan tugas dalam rangka mengamankan keutuhan wilayah teritorial Kodam XVI/Pattimura, sehingga tercipta soliditas prajurit serta mantapnya Kemanunggalan TNI dan Rakyat," ungkap Pangdam Doni.

Ia berharap bakti sosial donor darah ini dapat meningkatkan rasa kepedulian, kebersamaan dan kekeluargaan di antara keluarga besar Kodam XVI/Pattimura dengan masyarakat Kota Ambon dan sekitarnya.

Kegiatan bakti sosial donor darah tersebut melibatkan 66 tenaga medis, satu dokter spesialis dan tiga petugas PMI Ambon.

Pewarta: Rofinus E. Kumpul

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016