Ambon, 1/6 (Antara Maluku) - DPC PPP Kota Ambon akan membuka pendaftaran calon kepala daerah (Calkada) dalam rangka Pilkada 15 Februari 2017.

"Kami masih menunggu petunjuk teknis (Juknis) maupun petunjuk pelaksanaan (Juklak) dari DPP PPP untuk membuka pendaftaran," kata Ketua DPC PPP Kota Ambon, Rofiq Afifuddin, dikonfirmasi, Rabu.

Karena itu, dia mengimbau para kandidat bakal calon (Balon) baik Wali Kota maupun Wakil Wali Kota yang berminat mendaftar di PPP untuk bersabar.

Rencananya, PPP Kota Ambon membukan pendaftaran Calkada pada Juni 2016.

Menurut Rofiq, PPP terbuka bagi siapa pun, baik kader maupun nonkader dipersilakan berkompetensi untuk mendapatkan rekomendasi.

Dia mengatakan PPP, yang mengusung Richard Louhenapessy dan Muhammad Armyn Syarif (Sam Latuconsina) pada Pilkada 2011 berusaha tetap mewarnai Pilkada Kota Ambon tahun depan.

Saat ini Richard belum memutuskan calon wakilnya dengan alasan masih menunggu hasil survei, sementara Sam sedang membangun komunikasi politik dengan Paulus Kastanya.

Padahal, Paulus saat Pilkada Kota Ambon pada 2011 berpasangan dengan La Hamsidi disapa "KASIH" berhasil menempati peringkat kedua..

Pasangan lainnya yang mengikuti Pilkada Kota Ambon pada 2011 adalah Hesina Huliselan - Machfud Waliulu (SELALU), Daniel Palapia - La Suryadi (DAYA) dan Ferry Wattimury - Awat Tenate (Wate).

Pilkada serentak kelompok kedua dilaksanakan pada 15 Februari 2017 meliputi kota Ambon, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku Tenggara Barat (MTB), Buru dan Maluku Tengah.

Masa jabatan Wali Kota Ambon akan berakhir pada 4 Agustus 2016, Bupati SBB (13 September 2016), Bupati MTB (16 April 2017), Bupati Buru (2 Februari 2017) dan Bupati Maluku Tengah 8 Septermber 2017.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016