Los Angeles, 15/6 (Antara/Reuters) - Potongan musik Led Zeppelin dalam lagu "Stairway to Heaven" tahun 1971, yang dituduh dicuri dari grup musik lain tidaklah unik, kata kuasa hukum penyanyi Robert Plant dan gitaris Jimmy Page dalam sidang, Selasa.

"Tidak ada seorangpun yang memiliki elemen-elemen musik yang umum," kata pengacara Peter Anderson dalam argumentasi pembuka untuk sidang pelanggaran hak cipta di pengadilan federal Los Angeles.

Tuntutan hukum yang menuduh grup musik asal Inggris itu mencuri nada pembuka untuk "Stairway to Heaven" dari musik instrumental "Taurus" yang dibawakan band asal Amerika Spirit, diajukan oleh Michael Skidmore, wali almarhum Randy Wolfe, gitaris Spirit dan penggubah lagu "Taurus".

"Stairway to Heaven" merupakan salah satu komposisi paling banyak didengar dalam sejarah musik rock dan menjadi lagu hits Led Zeppelin yang bubar pada 1980.

Kasus tersebut muncul hanya setahun setelah juri federal di Los Angeles menyatakan bahwa penyanyi Robin Thicke dan Pharrell Williams menjiplak lagu seniman Motown, Marvin Gaye, dalam lagu mereka "Blurred Lines", dan keluarga Gaye berhak mendapatkan ganti rugi sebesar 7,4 juta dolar.

Dalam kasus terakhir, Plant (67) dan Page (72) muncul di pengadilan, Selasa, dengan rambut abu-abu panjang dan diperkirakan akan memberikan kesaksian dalam sidang tersebut.

Skidmore mengatakan Page mungkin terinspirasi untuk menulis "Stairway" setelah mendengar Spirit membawakan "Taurus" saat mereka melakukan tur bersama pada 1968 dan 1969, namun Wolfe tidak pernah mendapatkan pengakuan.

Wolfe yang juga dikenal sebagai Randy California tenggelam di Samudra Pasifik pada 1997.

Hakim Distrik AS Gary Klausner mengatakan pada April bahwa juri kemungkinan menemukan kemiripan substansial antara dua menit pertama "Stairway" dan "Taurus", dan terserah kepada mereka untuk memutuskan apakah Plant dan Page telah melakukan pelanggaran hak cipta.

Jaksa Francis Alexander Malofiy yang mewakili Skidmore mengatakan kepada juri dalam argumen pembuka bahwa kasus tersebut fokus pada pelanggaran UU hak cipta oleh Led Zeppelin, yang melindungi penciptaan artistik.

"Hukum ini memberikan penghargaan kepada penciptaan namun tidak memberikan pengakuan untuk penjiplakan," kata Malofiy.

Anderson mengatakan pihaknya akan menghadirkan bukti-bukti yang menunjukkan bahwa baik Skidmore maupun perwalian Wolfe tidak memiliki hak cipta atas "Taurus".

Kesaksian dalam kasus ini dimulai dengan Janet Wolfe, saudara perempuan Randy Wolfe yang mengatakan bahwa saudaranya itu telah menggubah "Taurus" untuk istrinya, Robin.

Saat ditanya apakah ia dan saudaranya itu pernah membicarakan lagu "Stairway to Heaven", Jante Wolfe mengatakan ya.

"Ini adalah sesuatu yang membuat dia kecewa selama bertahun-tahun," katanya.

Pewarta: S. Haryati (*)

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016