Hongaria, Belgia, Portugas Dihukum

Lille, 19/6 (Antara/Reuters) - Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) akan mengambil tindakan disiplin terhadap tim Hongaria, Belgia, dan Portugal terkait kerusuhan penonton pada tiga laga kejuaraan sepak bola Piala Eropa 2016 yang berlangsung Sabtu (18/6) waktu setempat.

Komite Kontrol, Disiplin, dan Etika UEFA telah menghukum federasi Hongaria sebanyak tiga kali menyusul tindakan para pendukung tim negara itu yang menyalakan kembali api, pelemparan benda-benda, dan kerusuhan massal.

Seorang saksi mata menyaksikan perkelahian ketika Polisi masuk tribun Stade Velodrome di Marseille pada laga imbang 1-1 Hongaria dengan Islandia. Saksi itu melihat seorang pemain tim Islandia tersambar lemparan benda dari massa ketika mereka merayakan gol penalti Gylfi Sigurdsson.

Enam pendukung tim Hongaria ditangkap setelah terbukti memanjat pagar di dalam stadion dan menyalakan kembang api.

Tindakan disiplin juga sedang disusun UEFA untuk Asosiasi Sepak Bola Belgia menyusul para pendukung timnya yang menyalakan petasan dan melempar benda-benda ke dalam lapangan saat menang 3-0 atas Irlandia di Bordeaux.

Sementara, Portugal telah dihukum setelah seorang pendukung tim negara itu masuk lapangan dalam laga imbang 0-0 dengan Austria ketika sang kapten tim Cristiano Ronaldo gagal mengeksekusi tendangan penalti.

Pemeriksaan terhadap Asosiasi Sepak Bola Hongaria akan digelar UEFA pada 21 Juni. Sedangkan tanggal pemeriksaan untuk Belgia dan Portugal akan diputuskan kemudian.


Skrtel Siap Tendang Sturridge

St Etienne, 20/6 (Antara/Reuters) - Bek Slovakia Martin Skrtel tidak akan ragu untuk menendang penyerang Inggris Daniel Sturridge, rekan setimnya di Liverpool, untuk membantu negaranya memenangi pertandingan terakhir di Grup B Piala Eropa pada Senin.

Inggris memuncaki klasemen grup dengan koleksi empat angka dari dua pertandingan, unggul satu angka atas Slovakia dan Wales di mana Rusia berada di dasar klasemen dengan raihan satu angka.

"Kami dapat menjadi teman sebelum dan setelah pertandingan namun di atas lapangan tidak ada persahabatan, dan saya yakin Daniel akan mengatakan hal yang sama kepada Anda," kata Skrtel pada konferensi pers yang berlangsung pada Minggu.  

"Maka jika saya harus menendang dia untuk membantu tim saya, saya akan melakukannya," tambah pemain 31 tahun itu sambil tersenyum

Sturridge mencetak gol penentu kemenangan saat Inggris menang 2-1 atas Wales setelah masuk sebagai pemain pengganti pada babak kedua.

"Ini bukan hanya mengenai Sturridge, ini mengenai semua penyerang mereka maka tidak masalah jika ia, (Harry) Kane atau (Jamie) Vardy yang menjadi pemain inti," tutur Skrtel.


Swiss ke 16 Besar

Lille, 20/6 (Antara/Reuters) - Swiss mengandalkan keberuntungan mereka untuk mendapatkan hasil imbang 0-0 saat melawan Prancis dan mencapai fase gugur Piala Eropa untuk pertama kalinya pada Minggu, dengan finis di urutan kedua Grup A di bawah tuan rumah.

"Les Bleus," yang peluangnya digagalkan mistar gawang sebanyak tiga kali, termasuk dua upaya dari Paul Pogba dan sepakan spektakuler dari pemain pengganti Dimitri Payet, menjuarai grup mereka dengan tujuh angka, unggul dua angka atas Swiss.

Debutan turnamen Albania finis di urutan ketiga dengan tiga angka setelah menang 1-0 atas Rumania, yang tersingkir dengan koleksi hanya satu angka.

Prancis akan berhadapan dengan tim peringkat ketiga di 16 besar, sedangkan Swiss akan bertemu runner up Grup C -- kemungkinan Polandia atau Jerman.

Payet dapat menjadi penentu hasil pertandingan ini pada menit ke-75, namun sepakan volinya dari umpan silang Moussa Sissoko membentur mistar gawang.

Kiper Prancis Hugo Lloris menyamai rekor pelatihnya Didier Deschamps untuk menjadi kapten "Les Bleus" untuk ke-54 kalinya, namun jsutru sejawatnya di kubu Prancis Yann Sommer yang menjadi pemain paling sibuk pada babak pertama.

"Kami memiliki peluang-peluang untuk memenangi pertandingan ini namun kami berada di posisi pertama di grup," kata Pogba, yang tampil gemilang pada babak pertama ketika ia kembali masuk timnas Prancis setelah dibangku cadangkan pada pertandingan sebelumnya melawan Albania.

Sommer harus menepis dua tembakan Pogba yang menghasilkan tendangan-tendangan sudut pada dua peluang awal, dan sang gelandang kemudian melepaskan tembakan yang mengenai bagian atas mistar gawang.


Buffon Demam

Montpellier, 20/6 (Antara/Reuters) - Kiper Italia Gianluigi Buffon absen latihan pada Minggu pagi karena demam, kata Federasi Sepak Bola Italia (FIGC).

Sementara itu, Antonio Candreva berlatih terpisah, ketika ia berusaha untuk memulihkan diri dari cedera otot paha belakang yang menimpanya saat Italia menang 1-0 atas Swedia pada Jumat.

Dengan Italia sudah dipastikan memuncaki klasemen Grup E dan lolos ke 16 besar, Buffon (38), diperkirakan akan diistirahatkan untuk pertandingan melawan Irlandia di Lille pada Rabu.

Pewarta: Imam Santoso/A.R.A Adipati (*)

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016