Ambon, 30/6 (Antara Maluku) - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat siap memberikan rekomendasi kepada bakal calon (Balon) Wali Kota - Wakil Wali Kota Ambon untuk mengikuti Pilkada serentak 15 Februari 2017.

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPC Partai Demokrat kota Ambon,Tomwin Rio Tamaela, di Ambon, Kamis, mengatakan, pihaknya menerima informasi dari DPP bahwa rekomendasi segera diberikan kepada pasangan Balon Wali Kota - Wakil Wali Kota agar bisa berkoalisi dengan partai politik (Parpol) lain.

"Jadi rekomendasi kemungkinan bisa menjelang maupun sesusah perayaan Idul Fitri 1437 Hijriah," ujarnya.

Dia memastikan rekomendasi diberikan berdasarkan hasil survei oleh konsultan berkompoten maupun tes kepatutan dan kelayakan.

"DPP Partai Demokrat memutuskan menerbitkan rekomendasi dengan berbagai pertimbangan objektif dan calon yang diusung memiliki peluang besar memenangkan Pilkada 2017," kata Tomwin.

Karena itu, anggota DPRD Kota Ambon ini mengimbau pasangan Balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota agar, sambil menunggu rekomendasi Partai Demokrat, mendekati Parpol lain guna membangun koalisi demi memenuhi persyaratan tujuh dari 35 legislator di DPRD setempat.

DPC Partai Demokrat Kota Ambon menempatkan tiga kadernya di DPRD setempat.

Balon Wali Kota Ambon yang mendaftar di Partai Demokrat adalah Paulus Kastanya dan Brury Nanulaitta.

Sedangkan, Balon Wakil Wali Kota antara lain Muhammad Armyn Syarif yang biasanya disapa Sam Latuconsina.

Catatan Antara, Pilkada kota Ambon 2017 menarik karena petahana Richard Louhenapessy - Sam tidak lagi berpasangan.

Richard telah direkomendasikan Partai Golkar maupun Nasdem tanpa Balon Wakil Wali Kota. Kedua Parpol ini memberikan kewenangan kepada Richard untuk memutuskan wakilnya.

Sedangkan Sam memilih berpasangan dengan Paulus Kastanya yang Pilkada pada 2011 berpasangan dengan La Hamsidi berhasil menempati peringkat kedua.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016