Ambon, 1/7 (Antara Maluku) - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan, safari ramadhan merupakan momentum yang baik dan sarana untuk mengetahui secara langsung aspirasi para prajurit.

"Kita patut bersyukur hari ini dapat bersilaturahmi dan bertatap muka secara langsung dengan seluruh keluarga besar Kodam XVI/Pattimura," kata Jenderal Gatot, dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kasum TNI Laksamana Madya TNI Didit Herdiawan, pada Silahturahmi dan Safari Ramadhan Panglima TNI Bersama Keluarga Besar TNI, Polri dan Komponen Masyarakat, yang berlangsung di Masjid Raya Al Fatah, Ambon, Kamis.

Menurut dia, jalinan komunikasi yang dilakukan dari hari ke hari semakin menjadi lebih intensif dimana salah cara yang dapat dilakukan untuk berkomunikasi dengan para prajurit di mana pun mereka berada melalui kegiatan safari Ramadhan.

"Selaku Panglima TNI dan pribadi saya mengucapkan selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1437 Hijriah dan semoga di bulan Suci yang penuh barokah ini, ibadah puasa yang dapat kita laksanakan mendapatkan rahmat dan hidayah dari Allah SWT," kata Panglima TNI.

Ia mengatakan, safari ramadhan dapat dijadikan suatu wahana untuk meluruskan niat dan menguatkan ikhtiar dalam melanjutkan pengabdiaan dan dharma bhakti kita kepada negeri yang sangat dicintai dibanggakan bersama

"Kita ketahui bersama bahwa Kota Ambon terkenal dengan "The voice of the sound" ini merupakan bagian dari ramadhan bulan yang kita cintai dan tidak hanya mewajibkan kita untuk berpuasa saja. Namun kita semua dianjurkan untuk memperbanyak ibadah-ibadanh lain,

seperti sholat taraweh, membaca Alquran, sedekah, infak dan ibadah-ibadah amal lainnya," ungkapnya.

Hal ini menunjukkan bahwa kesalehan, kerukunan beragama dan keikhtiaran merupakan salah satu bagian dari pelaksanaan kegiatan di bulan suci ramadhan yang mencerminkan salah satu noktah yang diutarakan atau dibanggakan oleh masyarakat Ambon.

"Berkat ilahi merupakan salah satu bagian dari pelaksanaan kegiatan iman kita. Hal tersebut dikarenakan juga bahwa ramadhan merupakan bulan suci yang penuh dengan rahmat dan ampunan dari Allah SWT dan ini merupakan suatu ajang transformsi dan kesadaran yang merupakan bagian dari rohaniah agar lebih peka terhadap sesama," katanya.

Oleh karena itu, bulan suci ramadhan merupakan ajang perbaikan dan introspeksi diri dalam pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing, sekaligus kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

"Safari ramadhan 1437 hijriah diharapkan juga dapat membawa sebagai suatu bagian dari jembatan komunikasi dan harmonisasi antara atasan dan bawahan, sejalan dengan pelaksanaan ibadah puasa di bulan ini maka banyak kegiatan yang dapat kita laksanakan secara kolektif seperti berbuka puasa bersama, sholat taraweh yang memudahkan untuk menjalin komunikasi antara atasan dan bawahan secara lebih intensif," ujarnya.

"Saya juga berharap bahwa melalui silaturahmi dan safari ramadhan 1437 hijriah dapat meningkatkan kualitas diri dengan cara dapat memberikan semangat baru dalam meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, dapat meningkatkan kualitas mental sebagai bangsa yang agamais dan beradab untuk selalu bertindak yang terbaik dimana bekerja keras, jujur berani, tulus dan ikhlas di dalam berkarya," kata Panglima TNI.

Selanjutnya, jadikan bulan suci ramadhan sebagai bulan kesabaran karena ibadah puasa melatih seseorang untuk lebih bersikap dan berperilaku sabar, berjiwa besar, dan tahan ujian.

Kemudian kemenangan yang berhasil diraih oleh umat muslim yang berpuasa, adalah melawan hawa nafsu, egoisitas, keserakahan dan ketidakjujuran akan meningkatkan kualitas mental prajurit itu sendiri.

"Bulan suci ramadhan juga harus dimaknai dengan menunjukan prestasi dan kinerja kesalahen individual dan kesalehan sosial yang tinggi,"imbuhnya.

Oleh karena itu, program yang dicanangkan oleh Kodam XVI/Pattimura beserta seluruh jajarannya berkaitan dengan serbuan tertorial seperti emas hijau, biru dan putih, dapat dilaksanakan oleh segenap prajurit TNI di Provinsi Maluku.

"Silaturahmi tetap dijunjung tinggi, karena itu, pada kesempatan yang berbahagia ini perlu tingkatkan kerukunan bermasyarakat dan bernegara," kata Panglima TNI. 

Pewarta: Rofinus E. Kumpul

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016