Ternate, 5/7 (Antara Maluku) - Ribuan warga Ternate, Maluku Utara, Selasa dini hari konvoi keliling dengan sepeda motor dan mobil menyambut kemenangan Dwi Soraya Assor sebagai juara pertama Q Academy (QA) Indosiar tahun 2016, Jakarta, Senin tengah malam.

Konvoi mereka lakukan mulai dari rumah keluarga Soraya Assor di Kelurahan Kalumpang, beberapa saat setelah bersama-sama menonton tayanga final QA 2016.

Paman Soraya, Joni Assor, mengatakan setelah hasil poling SMS menempatkan Dwi Soraya Assor 52 persen mengungguli rivalnya Dana dari Kabupaten Palopo yang memperoleh 48 persen, ribuan warga langsung konvoi ke jalan meluapkan kegembiraan.

Konvoi keliling kota dilakukan dengan melewati kediaman Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman dan mendapat sambutan dari warga yang dilewati massa saat konvoi tersebut.

Menurut Joni, kemenangan yang diraih Soraya Assor ini karena mendapat dukungan sebagian besar masyarakat sebagian besar di kabupaten/kota di Maluku Utara.

Bahkan, kata Joni dukungan yang diperoleh Soraya terbanyak dari Provinsi Papua, karena Iskandar Assor yang juga orang tua Soraya merupakan salah satu personel Black Brother asal Papua.

"Dukungan yang diberikan masyarakat Papua cukup beralasan, karena mendapat respons sebagian besar bupati/wali kota di Papua yang menginstruksikan warganya memberikan dukungan ke Soraya Assor di ajang Q Akademy Indosiar tersebut," katanya.

Dalam pertarungan grand final tersebut, kedua finalis sempat saling kejar mengejar poin dalam poling SMS, bahkan Dana dari Palopo mampu berada di posisi pertama dengan dengan 52,5 persen dan Soraya menempati posisi kedua dengan 47,5 persen, kemudian Soraya berhasil puncaki perolehan suara dengan 50,5 persen dan Dana kantongi 49,5 persen.

Namun, perolehan itu berakhir jelang berakhirnya grand final, Dana asal Palopo kembali ke posisi puncak dengan 50,5 persen dan Soraya 49,5 persen, tetapi saat perhitungan terakhir menempatkan Soraya ke posisi pertama dengan memperoleh 52 persen dukungan, sedangkan Dana mendapat 48 persen dukungan.

"Kita patut berbangga, karena Soraya telah berhasil membawa nama baik Kota Ternate dalam ajang QA Indosiar," katanya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016