Ambon, 18/8 (Antara Maluku) - Pengurus Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Maluku menerjunkan 15 atlet di Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XII yang penyelenggaraannya dijadwalkan di Bandung, Jawa Barat pada 25 - 30 Juli 2016.

"15 atlet itu berlaga di cabang olahraga atletik, catur, futsal dan biliar serta tiga lomba ekshibisi yakni karya tulis jurnalistik, fotografi, dan reportase radio," kata Ketua SIWO PWI Maluku, Izaac Tulalessy saat pelepasan tim oleh Gubernur Maluku, Said Assagaff, di Ambon, Senin.

Tim Porwanas Maluku XII tercatat yang terbesar dibandingkan selama ini, menyusul Porwanas XI di Banjamasin dengan enam atlet berhasil meraih medali perak dari cabang olahraga biliar.

"Kami bertekad mengharumkan nama Maluku di Porwanas XII dengan para atlet telah menjalani latihan intensif sebulan terakhir ini," ujar Izaac.

Hanya saja, dia tidak merinci peluang mengukir prestasi terbaik dari cabang olahraga mana. "Terpenting para atlet telah menyatakan keseriusan untuk bertanding dengan menjunjung tinggi sportivitas dan bertekad mengukir prestasi terbaik agar mengharumkan nama Maluku di event tiga tahunan tersebut," kata Izaac.

Gubernur Maluku, Said Assagaff, memotivasi para atlet dengan siap memberikan satu unit mobil avansa bagi yang berhasil meraih medali emas.

"Pastinya yang perak maupun perunggu juga kebagian hadiah. Hanya, nilainya dibawah Rp150 juta karena berdasarkan prestasi," ujarnya disambut tepuk tangan tim Porwanas PWI Maluku.

Gubernur juga mengingingkan tim Porwanas XII agar menyosialisasikan bahwa pemerintah maupun masyarakat Maluku siap menyelenggarakan Hari Pers Nasional (HPN) ke-72 pada 9 Februari 2017.

"Peluncuran HPN 2017 dijadwalkan di Jakarta pada 23 Juli 2016, makanya tim Porwanas menyosialisasikannya ke rekan - rekan wartawan dari provinsi lainnya," kata Gubernur.

Bahkan, lanjutnya, dia akan mengundang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Arief Yafya untuk menghadiri peluncuran HPN tingkat lokal yang penyelenggaraannya bersamaan dengan Pesta Teluk Ambon dijadwalkan pada 8 - 10 September 2016.

"Saya telah menjadwalkan pertemuan dengan Menteri Arief dan kesempatan ini dimanfaatkan untuk mengundangnya menghadiri Pesta Teluk Ambon, sekaligus peluncuran HPN tingkat lokal," tandas Gubernur.

Dia juga bahkan mengarahkan SIWO PWI Maluku untuk mengecek penyelenggaraan Porwanas XIII yang dijadwalkan di Papua pada 2019.

"Sekiranya bisa, maka nyatakan bahwa Maluku siap menyelenggarakan Porwanas XIII karena pemerintah maupun masyarakat Maluku menginginkan berbagai event nasional diselenggarakan di daerah ini guna menunjukkan bahwa keamanan terjamin," tegas Gubernur Said.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016