Nusalaut, 20/7 (Antara Maluku) - Kodam XVI/Pattimura melaksanakan bhakti sosial kesehatan bagi warga masyarakat di Kecamatan Nusalaut, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), yang dipusatkan di Negeri/Desa Ameth, Rabu.

Kepala Puskesmas Kecamatan Nusalaut Marten Sitaniapessy mengatakan masyarakat di wilayah ini berbondong-bondong datang mendaftar untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, jumlahnya dari pagi sampai siang mencapai 400 orang.

"Masyarakat yang datang ke puskesmas dijemput dengan menggunakan sejumlah mobil yang disediakan oleh Kodam XVI/Pattimura. Dalam kegiatan bhakti sosial kesehatan ini, sesuai hasil pemeriksaan para dokter banyak jenis penyakit yang perlu diobati, antara lain penyakit mata, penyakit gigi, penyakit benjolan, penyakit kandungan dan penyakit umum lainnya," katanya.

Menurut dia, kegiatan bhakti sosial kesehatan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Karena itu, kegiatan ini dapat dilakukan pada masa yang akan datang, sehingga terus berlanjut, apalagi Kecamatan Nusalaut merupakan wilayah yang sangat terpencil dari semua kecamatan di Kabupaten Maluku Tengah.

Kepala Kesehatan Kodam XVI/Pattimura Kolonel dr Agus Yogaswara mengatakan pihaknya berupaya agar kegiatan bhakti sosial kesehatan terus dilakukan, karena bagian dari tugas TNI, khususnya Angkatan Darat.

"Kegiatan bhakti sosial kesehatan ini merupakan kebijakan Panglima Kodam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo. Beliau menekankan kesejahteraan, terutama kesehatan masyarakat. Karena itu, sebagai bentuk rasa kebersamaan antara TNI dan masyarakat kegiatan bhakti sosial kesehatan ini dilakukan," katanya.

Ia mengungkapkan, masyarakat yang mendaftar untuk mendapat pelayanan kesehatan pada akhir pendaftaran mencapai 650 orang. Dalam kegiatan ini, dilakukan bedah minor sebanyak 18 orang, operasi mata 40 orang, pemeriksaan ginekologi dan pelayanan KB sebanyak 100 orang dan sisanya penyakit umum.

"Masyarakat sangat terbantu dengan kegiatan bhakti sosial kesehatan ini, karena ditangani oleh para dokter ahli yakni dokter umum empat orang, dokter spesialis bedah satu orang, dokter mata satu orang, dokter spesialis kebidanan satu orang dan dokter gigi satu orang.," katanya.

Sementara Camat Nusalaut Crist Lailossa mngatakan pihaknya memberikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada Kodam XVI/Pattimura yang telah melihat berbagai persoalan di wilayah ini terutama masalah kesehatan masyarakat Nusalaut.

"Kami melihat kegiatan ini bukti nyata kepedulian dan perhatian TNI khususnya Angkatan Darat, terhadap masalah kesehatan masyarakat, karena kesehatan ini merupakan persoalan yang urgen perlu mendapat perhatian, apalagi sekian lama masyarakat menderita berbagai macam penyakit, dan hari ini semuanya bisa terjawab dengan kehadiran Kodam melakukan kegiatan bhakti sosial kesehatan," katanya.

Karena itu, kegiatan ini menjadi inspirasi ke depan dapat melihat persoalan-persoalan kemasyarakatan terutama masalah kesehatan bagi rakyat di seluruh pelosok Indonesia , terutama warga masyarakat di Kecamatan Nusalaut.

"Apa yang dilakukan oleh Kodam XVI/Pattimura sangat membantu masyarakat di Kecamatan Nusalaut. Karena itu, ke depan ada pihak lain melakukan hal yang sama, termasuk pemerintah, baik pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten, karena tugas pemerintah mensejahterakan masyarakat," ujar Crits.

Bhakti sosial kesehatan dihadiri Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monarda bersama jajarannya, jajaran Polda Maluku dan Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahubura serta pejabat pemerintah setempat.

Pewarta: Rofinus E. Kumpul

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016