Ternate, 25/7 (Antara Maluku) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Halmahera Utara dan Halmahera Tengah, Maluku Utara (Malut) menggelar manasik haji bagi Jamaah Calon Haji (JCH) daerah masing-masing.

Kasi Penyelenggaraan Haji Kemenag Halmahera Utara (Halut), Jindar Wisnu di Ternate, Senin, mengatakan manasik haji tingkat kabupaten itu akan dilaksanakan tanggal 26 Juli 2016.

Jindar menjelaskan, JCH di kabupaten Halmahera Utara sebanyak 75 orang akan dilibatkan dalam kegiatan ini, setelah mereka selesai melaksanakan manasik haji tingkat kecamatan.

Manasik haji dilaksanakan agar JCH dapat melaksanakan ibadah dengan baik dan benar sesuai dengan Syariat Islam.

"Kami berharap seluruh JCH dapat mengikuti agar bisa menjadi Haji Mabrur," ujarnya.

Pada manasik haji, Kemenag Halmahera Utara menghadirkan nara sumber untuk melatih dan memberikan pengarahan serta pembekalan kepada seluruh jamaah calon haji.

Sementara itu, Kantor Kemenag Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) melaksanakan manasik haji selama dua hari bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama dihadiri oleh seluruh jamaah calon haji yang akan berangkat pada tahun 2016 ini.

Kepala kantor Kemenag Halteng, Hi.Idris ketika dihubungi mengatakan, sesuai dengan isyarat UU Nomor 13 Tahun 2008, pemerintah berkewajiban melakukan pembinaan, pelayanan dan perlindungan kepada jemaah haji.

"Oleh karena itu, kami menggelar bimbingan manasik haji ini dengan tujuan memberi pemahaman bagi jamaah haji tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji secara benar dan sempurna," katanya.

Idris berharap para jamaah selalu menjaga kekompakan regu dan rombongan, saling membantu, dan mengikuti arahan dan petunjuk dari Petugas kloter serta menjaga kesehatan.

Dia mengatakan, peserta yang mengikuti bimbingan manasik haji ini 50 orang yang merupakan kuota haji Halmahera Tengah pada musim haji tahun 1437 H/2016 M yang ditetapkan berdasarkan SK Gubernur Maluku Utara.

Dari 50 JCH itu 29 wanita dan 21 pria. JCH tertua Husna Hasan dengan usia 85 tahun, dan yang termuda Hermiyati Hi. Mustaring.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016