Ambon, 13/9 (Antara Maluku) - Panitia Hari Pers Nasional (HPN) 2017 akan menyelenggarakan seminar nasional bertemakan "Peran Pers dan Revitalisasi Kekuatan Kemaritiman di Provinsi Maluku", dijadwalkan di hotel Borobudur, Jakarta pada 22 September 2016.

Ketua Panitia HPN 2017, Muhammad Ihsan, dihubungi dari Ambon, Senin, mengatakan, seminar tersebut akan membahas berbagai strategi yang mungkin dilakukan untuk mempromosikan dan mendorong pembangunan sektor perikanan nasional, khususnya di Maluku, menyusul dicanangkannya daerah itu oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN) pada 2012.

"Kami mendorong HPN menjadi momentum strategis untuk membangkitkan kembali kejayaan Maluku yang berbasis pada potensi kekayaan maritim dan sumber daya alam (SDA)," ujarnya.

Apalagi, Maluku memiliki 1.340 buah pulau dengan 92,4 persen wilayahnya yang seluas 712.480 Km2 adalah laut dengan potensi lestari ikan 1,6 juta ton/tahun, termasuk sumber daya hayati laut lainnya yang bernilai ekonomis.

Rencananya Menko Maritim Luhut B. Panjaitan menjadi pembicara kunci, sementara nara sumber lainnya termasuk Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menhub Budi Karya Sumadi serta sejumlah Dirut BUMN yang terkait dengan pembangunan sektor kelautan serta Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman Hadad.

Panitia HPN 2017, menurut Muhammad, memotivasi pemerintah mendongkrak pembangunan infrastruktur dan aksebilitas ke Maluku.

"Salah satunya membuka rute penerbangan dari Saumlaki, ibu kota kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) ke Darwin, Australia Utara," katanya.

Potensi SDA Maluku lainnya yang bernilai ekonomis adalah minyak dan gas (Migas) dengan terdapatnya 25 blok.

"Upaya - upaya pemerintah ini tentunya perlu mendapat apresiasi dan perhatian serius dari masyarakat pers nasional," tandas Muhammad Ihsan.

Peluncuran HPN 2017 tingkat nasional diselenggarakan di stasiun TVRI Jakarta pada 23 Juli 2016 dihadiri Gubernur Maluku, Said Assagaff, PenanggungJawab HPN 2017, Margiono yang juga Ketua PWI Pusat serta tokoh pers nasional maupun masyarakat Maluku.

Sedangkan, peluncuran HPN 2017 tingkat daerah diselenggarakan bersamaan dengan Pesta Teluk Ambon ke - 11 pada 8 September 2016.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016