Ambon, 19/9 (Antara Maluku) - Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Jendral TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu menerima pemaparan dari Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Doni Monardo tentang program Emas Biru, Emas Hijau dan Emas Putih, di Loby Mako Yonif Raider 733/Masariku, Senin.

Dalam paparannya, Pangdam Doni Monardo menjelaskan tentang kondisi umum Kodam XVI/Pattimura baik geografi maupun demografi, kondisi sosial, dislokasi satuan, serta upaya mewujudkan program Emas Biru, Emas Hijau dan Emas Putih yang meliputi kegiatan fisik maupun nonfisik, guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

Emas biru merujuk pada kekayaan laut, emas hijau menyangkut kekayaan daratan dan tumbuhan, sedangka emas putih dimaksudkan sebagai perdamaian.

Menteri pertahanan merasa bangga dan memberikan apresiasi kepada Kodam XVI/Pattimura yang telah berhasil melaksanakan program Emas Biru dan Emas Hijau yang manfaatnya turut dirasakan oleh masyarakat juga kepada prajurit yang melaksanakan program tersebut dengan baik.

"Program tersebut juga merupakan salah satu program Presiden karena program itu juga merupakan program ramah lingkungan," kata Menhan.

Menteri juga menyampaikan rasa bangga terhadap prajurit Raider 733/Masariku atas semangat dan dedikasi yang tinggi dalam partisipasi mewujudkan program tersebut, juga dalam menjaga lingkungan pangkalan tetap rapih dan bersih.

Menteri selanjutnya melakukan penanaman pohon sebagai wujud kepedulian pada lingkungan, dan menyerahkan cinderamata kepada Pangdam XVI/Pattimura.

Acara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan peninjauan budidaya ikan.

Kegiatan pemaparan program Emas Biru dan Emas Hijau serta Emas Putih itu juga dihadiri sejumlah pejabat Kodam XVI/Pattimura, Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua, dan Kapolda Maluku Brigjen. Pol. Ilham Salahudin.

Sebelumnya, Menhan Ryamizard Ryacudu memberikan kuliah umum tentang bela negara di Universitas Pattimura Ambon.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016