Ternate, 21/9 (Antara Maluku) - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN) Maluku Utara (Malut) berkoalisi mengusung pasangan Muhammad Ali Sangaji-Yuke Makasarat (Ali-Yuk) pada Pilkada Kabupaten Pulau Morotai.

Ketua DPW PKS Malut Ridwan di Ternate, Rabu, mengatakan PKS dan PAN sepakat mengusung pasangan Ali-Yuk karena mereka diyakini bisa meraih suara terbanyak pada pilkada nanti.

Optimisme itu didasarkan pada hasil survey yang dilakukan PKS dan PAN yang menunjukan angka paling tinggi dari lima figur yang mendaftar di kedua partai ini untuk diusung pada pilkada di Kabupaten Pulau Morotai.

Ridwan mengatakan, surat rekomendasi dari DPP PKS dan PAN kepada pasangan Ali-Yuk juga sudah ada, jadi tidak ada masalah lagi untuk melakukan pendaftaran di KPU Pulau Morotai.

Seluruh pengurus kader PKS dan PAN di Kabupaten Pulau Morotai diinstruksikan untuk tetap solid mendukung pasangan Ali-Yuk karena sudah menjadi keputusan partai dan jika ada yang membelot akan diberikan sanksi tegas.

Sementara itu Sekertaris DPW PAN Malut Muhammad Saleh Tjan mengatakan, pasangan Ali-Yuk bersama pengurus PAN dan PKS akan mendafar di KPU Pulau Morotai pada Kamis besok dan itu sudah diinformasikan ke pihak KPU.

Keterangan dari KPU Pulau Morotai sejauh ini baru dua pasangan bakal calon bupati/wakil bupati Pulau Morotai yang telah menyampaikan untuk melakukan pendaftaran yakni pasangan Ali-Yuk dan Beni Laos-Asrun Padoma yang diusung sejumlah parpol di antaranya Golkar, PDIP, Gerindra, Demokrat dan Nasdem.

Ada pula pasangan Ramli Yaman dan Adjan Djaguna yang semula akan maju di Pilkada Pulau Morotai melalui jalur independen, namun hingga kini KPU belum mendapatkan kepastian mereka akan menjadi mendaftar atau tidak.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016