Ambon, 17/10 (Antara Maluku) - Bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy - Syarif Hadler dengan slogan "Paparisa Baru" melakukan silaturahmi ke sejumlah tokoh agama di provinsi Maluku.

"Secara terjadwal mulai hari ini kami bersilaturami ke seluruh tokoh agama, masyarakat, pimpinan pemerintahan baik tingkat pemerintah Provinsi maupun kota Ambon," kata bakal calon Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy di Ambon, Senin.

Ia mengatakan, silaturahmi dalam rangka memohon doa restu dari seluruh tokoh agama untuk mengikuti tahapan Pilkada Kota Ambon pada 15 Februari 2017.

"Silaturahmi ini kita menyampaikan kesiapan untuk melayani kota ini selaku calon wali kota dan wakil wali kota, kita mohon restu dari doa seluruh tokoh agama, karena hanya dengan doa dan kerja keras Tuhan akan pertimbangkan seluruh perjuangan kita," katanya.

Dijelaskannya, peranan tokoh agama sangat penting untuk menciptakan stabilitas sosial dan keamanan karena itu penting bagi pihaknya melakukan silaturahmi sekaligus meminta restu.

"Bagi kami silaturahmi ini penting untuk membangun komunikasi bukan saja saat ini tetapi ke depan untuk membangun hubungan dan menjalin kekuatan bersama," ujarnya.

Silaturahmi dimulai di keuskupan Amboina yang diterima langsung Uskup Diosis Ambonina Mgr P.C.Mandagie, dalam kesempatan ini uskup meminta pasangan calon Paparisa Baru untuk mengikuti tahapan dengan aman dan damai.

Setelah bersilaturahmi ke uskup dilanjutkan ke Ketua Majelis Pekerja Harian(MPH) Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM), Pdt.A.J.S. Werinussa.

Ketua Sinode GPM menyatakan sebagai mitra gereja wajib untuk mendoakan setiap anak bangsa yang telah siap untuk bertarung dalam perhelatan politik lima tahunan.

Setelah ditetapkan sebagai calon wali kota dan wakil wali kota yang akan bertarung di Pilkada pihaknya akan mengundang kedua pasangan calon untuk didoakan oleh seluruh pendeta, sebagai bentuk kesiapan menang dan kalah pada Pilkada mendatang.

"Gereja harus adil dalam melihat setiap calon yang akan bertarung dalam pilkada, karena itu kedua pasangan calon akan diundang untuk didoakan bersama sebagai bentuk kesiapan menang dan kalah iklas," katanya.

Kunjungan dilanjutkan ke Ketua MUI provinsi Maluku, Idrus Toekan. Dalam kesempatan itu Paparisa Baru meminta dukungan dari MUI untuk mendoakan setiap tahapan yang akan berlangsung.

Ketua MUI meminta pasangan calon dan tim sukses serta masa pendukung untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban.

"Bersaing secara sportif dengan tetap menjaga keamanan dan ketertiban sehingga menghasilkan pilkada yang berkualitas," kata Idrus.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016