Ambon, 28/10 (Antara Maluku) - Harga daging ayam beku yang dipasok dari Surabaya guna memenuhi permintaan masyarakat di pasar tradisional kota Ambon, Maluku, kini harganya mulai menurun.

Pantauan Antara, di pasar Mardika dan Batumerah, Jumat, para pedagang menawarkan harga daging ayam beku Rp32.000/Kg atau menurun dari sebelumnya Rp34.000/Kg.

"Daging ayam beku sudah dua hari dipatok harga Rp32.000/kg. Ada juga pedagang lain yang masih menjual dengan harga Rp33.000/Kg," kata salah seorang pembeli, Azis.

Biasanya perkembangan harga daging ayam beku ini juga tidak merata di Kota Ambon ini, lanjutnya, selalu tergantung dari agen yang memasok dari Surabaya.

Selain itu selalu mengikuti perkembangan harga ikan segar di pasar, daging ayam, baik kampung maupun pedaging produksi lokal.

Sedangkan ayam pedaging produksi peternak lokal masih tetap dijual dengan harga bervariasi yakni 45.000 hingga Rp55.000/ekor tergantung ukuran.

Ayam kampung penjantang Rp75.000/ekor dan Rp50.000/ekor jenis betina juga tergantung ukuran.

Untuk harga telur ayam ras masih tetap stabil yakni Rp1.300/butir.Harga ini sudah bertahan sejak tiga hari yang lalu.

Pengusaha yang selama ini memasok telur ayam ras dari Surabaya, Inang mengatakan, harga telur sudah menurun pada tiga hari terakhir ini yakni Rp240.000/ikat (180 butir)menjadi Rp220.000/ikat.

"Jadi kalau di pasar ada pedagang yang masih menjual dengan harga Rp1.400/butir, maka itu tidak bermasalah, sebab di dalam ikatan yang isinya 180 butir ada lima hingga enam butir yang sudah rusak," ujarnya.

Dia berharap perkembangan harga yang terjadi sekarang ini bisa bertahan terus.

"Biasanya menjelang akhir tahun, pasti terjadi perubahan harga yang terlihat sejak Nopember dan itu sudah berlangsung setiap tahun," tandas Inang.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016