Ternate, 2/11 (Antara Maluku) - Tiga kabupaten/kota di Provinsi Maluku Utara (Malut) yakni Kabupaten Halmahera Barat, Kota Ternate dan Kota Tidore Kepulauan bekerja sama mengembangkan sektor pariwisata melalui Program Segi Tiga Emas.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Ternate Anas Conoras di Ternate, Rabu, mengatakan kerja sama tersebut didasari sejumlah pertimbangan di antaranya sektor pariwisata merupakan sektor unggulan pemerintah di masing-masing kabupaten/kota.

Selain itu, ketiga kabupaten/kota tersebut memiliki banyak potensi pariwisata menarik di antaranya wisata peninggalan sejarah, wisata budaya, wisata bahari dan wisata alam.

Namun, kata Anas Conoras, banyaknya potensi yang menarik di ketiga kabupaten/kota tersebut belum banyak menarik minat wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara untuk berkunjung, ditandai dengan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang kurang dari 100 orang setiap bulannya.

Pertimbangan lain dilakukannya kerja sama pengembangan pariwisata melalui segi tiga emas tersebut adalah letak geografis ketiga kabupaten/kota saling berdekatan, sehingga memudahkan wisatawan untuk melakukan perjalanan dari suatu lokasi wisata ke wisata di tiga kabupaten/kota setempat.

Ia mengatakan kerja sama pengembangan pariwisata tersebut di antaranya akan diimplementasikan dalam bentuk kegiatan promosi pariwisata, penyelenggaraan kegiatan wisata, penyusunan paket wisata serta dalam memperjuangkan anggaran pengembangan pariwisata ke pemerintah pusat.

Kerja sama dalam penyelenggaraan kegiatan wisata misalnya, jika Kota Ternate menggelar Festival Legu Gam, maka Kota Tidore Kepulauan dan Kabupaten Halmahera Barat akan ambil bagian dalam kegiatan itu, hal serupa akan dilakukan kalau kedua daerah itu menggelar kegiatan wisata.

Begitu pula wisatawan yang mengunjungi kegiatan tersebut akan diarahkan untuk mengunjungi objek wisata yang ada di ketiga kabupaten/kota, sehingga dampaknya akan dirasakan oleh masyarakat dan pelaku usaha wisata di ketiga kabupaten/kota.

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016