Ambon, 13/11 (Antara Maluku) - Relawan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ambon, Paulus Kastanya - Muhammad Armys Syarif "Sam" Latuconsina dengan jargon "PANTAS", Minggu, melayani pengobatan gratis para pengguna Jembatan Merah Putih (JMP) yang melintasi Teluk Dalam Ambon.

Pengobatan gratis yang diprakarsai Perhimpunan Basudara Ambon melibatkan sejumlah dokter dan paramedis itu berlokasi di JMP arah Hatiwe Kecil, kecamatan Sirimau .

Para pengguna JMP diberikan pelayanan pemeriksaan gratis kolesterol, asam urat dan gula darah.

Pengobatan gratis ditinjau Paulus yang disapa Poly dan Sam sambil berdialog dengan warga melakukan pemeriksaan.

Salah seorang supir taxi, Ongen mengapresiasi pemeriksaan kesehatan gratis tersebut karena memanfaatkan waktu setelah mengantar penumpang ke Bandara internasional Pattimura Ambon di desa Laha, kecamatan Teluk Ambon.

"Strategis memang karena hendak menuruni JMP bisa menjalani pemeriksaan kesehatan yang waktunya tepat mengingat dilaksanakan Minggu sehingga kurang sibuk melayani tamu," ujarnya.

Senada dengan Ongen, warga desa Batumerah, Ny Farida menyarankan, pemeriksaan kesehatan gratis ini hendaknya jangan hanya dilaksanakan karena penyelenggaraan kampanye tahapan kampanye Pilkada kota Ambon pada 15 Februari 2017.

"Idialnya pemeriksaan gratis terhadap penyakit gula darah, kolesterol dan asam urat ini rutin bila `PANTAS` dipercayakan warga kota Ambon memimpin ibu kota Provinsi Maluku sehingga tidak terkesan hanya suka janji politik," katanya.

Penanggungjawab relawan "PANTAS"yang tergabung dalam Perhimpunan Basudara Ambon, Helmi Hatuina, di Ambon, Kamis, mengatakan, pemeriksaan kesehatan maupun pengobatan gratis telah dilaksanakan sejak Oktober 2016.

"Program ini dilaksanakan intensif di sejumlah kawasan maupun pasar mencerminkan program `PANTAS` yang pro rakyat di bidang kesehatan," ujarnya.

Pengobatan gratis ini salah satu dari empat program prioritas "PANTAS", yakni di bidang pendidikan dan kesehatan berkualitas.

"Kami termotivasi untuk melaksanakan pengobatan gratis dan ternyata disambut baik masyarakat," ujar Helmi.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016