Ternate, 17/11 (Antara Maluku) - Fraksi PPP DPRD Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), mendorong pemerintah setempat untuk membantu petani tanaman pangan dan nelayan.

"Kami mendorong Pemkot agar dapat memperhatikan serta membantu para petani tanaman pangan, yaitu jagung dan ubi kayu," kata Ketua Fraksi PPP DPRD Kota Ternate, Fahri Bachdar di Ternate, Kamis.

Dia mengatakan hal itu saat menyampaikan pandangan umum Fraksi PPP terhadap Nota Keuangan dan Rancangan APBD Kota Ternate tahun 2017 yang disampaikan Wali Kota Burhan Abdurahman.

Menurut dia, Pemkot Ternate harus memperhatikan dan membantu petani jagung dan ubi kayu, guna memaksimalkan ketersediaan tanaman pangan.

"Dinas terkait pun harus mengawasi dan mengawal produktivitas pertanian sehingga menghasilkan tanaman pangan yang berkualitas baik.

PPP pun mendorong Pemkot Ternate untuk menyedaiakan fasilitas jalan menuju lokasi pertanian tanaman pala, cengkih, bawang, cabai dan tomat di beberapa kelurahan.

Begitu pula dengan sektor perikanan, mengingat Ternate adalah kota yang dikelilingi oleh lautan dan sebagian besar masyarakatnya bertempat tinggal di kawasan pesisir dan mencari nafkah sebagai nelayan.

Untuk itu, pemerintah daerah harus menyediakan bantuan alat tangkap dan fasilitas motor laut kepada para nelayan.

"Kami juga mendorong rencana pemerintah membangun Bulog Ikan guna memberdayakan ekonomi masyarakat pesisir dan pengembangan budi daya perikanan melalui pemasaran hasil produksi perikanan," katanya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016