Saumlaki, 5/12 (Antara Maluku) - Pangkalan TNI AL Saumlaki, Maluku Tenggara Barat menggelar kegiatan "Naval Base Open Day" 2016, dalam rangka memperingati Hari Armada RI Tahun 2016.

"Dalam Naval Base Open Day 2016, yang diselenggarakan sejak tanggal 3 Desember kemarin, Pangkalan TNI AL Saumlaki menggelar acara olah raga bersama dengan menampilkan senam kreasi Gemufamire TNI AL dan Si Pong Pong yang diikuti oleh kurang lebih 1.000 peserta dari berbagai kalangan, fun game, Lanal Expo, dan panggung hiburan untuk rakyat," kata Danlanal Saumlaki, Letkol Laut (P) Wirawan Ady Prasetya dalam konferensi pers, usai upacara militer, di Saumlaki, Senin

Pantauan Antara, saat upacara militer memperingati Hari Armada RI yang diikuti unsur TNI-Polri dan instansi kemaritiman, Danlanal Wirawan selaku Inspektur upacara membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Ade Supandi tentang perkembangan, fungsi dan tugas Armada RI baik Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) maupun Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim).

Dalam amanatnya, Kasal menekankan pentingnya segenap prajurit TNI AL menjaga semangat dan motivasi untuk meningkatkan kinerja individu dan satuan sebagai pengawal samudera dan perekat nusantara.

Dalam upacara tersebut diresmikan pula Tim Respon Cepat Koarmatim atau Eastern Fleet Quick Respond Pangkalan TNI AL Saumlaki dengan sebutan EFQR - 9.3/SLK.

Menurut Danlanal Wirawan, tim tersebut memiliki kemampuan dalam melaksanakan tugas militer, penegakan hukum di laut dari segala dinamika ancaman dan bahaya keamanan laut, dan SAR.

Tim terbagi menjadi dua unsur, yaitu Unsur Patroli Keamanan Laut atau Patkamla dan Unsur Visit Board Search Seizure (VBSS) dengan spesialisasi kemampuan permukaan laut, bawah permukaan laut atau selam, dan aspek darat.

Pewarta: Simon Lolonlun

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016