Ternate, 31/12 (Antara Maluku) - Gelandang timnas Indonesia, Rizki Pora, berhasil membawa klubnya Persisam Sangaji Malamo menjuarai Wali Kota Cup setelah mengalahkan PS Sinar Selatan Kalumata melalui adu penalti dengan skor 4-1 (1-1).

Dalam pertandingan yang berlangsung di Lapangan Gelora Kieraha Ternate, Malut, Jumat (30/12) malam, yang disaksikan Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba dan Walikota Ternate Burhan Abdurahman itu, kedua tim menerapkan pola menyerang.

Ketua Panitia Wali Kota Cup, Amin Subuh ketika dihubungi mengatakan, kedua tim di awal babak pertama melakukan penetrasi ke gawang lawan, buktinya di menit 13, Bambang R Adam berhasil mencetak gol ke gawang Sinar Selatan melalui kemelut di gawang tersebut.

Tertinggal 0-1, tim besutan Qwetly Alweni ini mengambil inisiatif untuk menyerang, terbukti sesekali penyerang PS Sinar Selatan membahayakan gawang Persisam.

Namun, petaka terjadi di akhir babak pertama, setelah penyerang PS Sinar Selatan dijatuhkan di sekitar kotak pinalti gawang Persisam.

Saat itu, Zamroni yang dipercayakan melakukan tendangan bebas mampu merobek gawang Persisam saat masa injure time babak pertama dan skor tetap bertahan 1-1 hingga wasit Aris Papuling meniup peluit panjang babak pertama usai.

Di babak kedua, Pelatih Ikram Selang memasukkan winger timnas Rizki Pora berbuah manis, terhitung lima kali pemain bernomor punggung 18 ini membuat assist, namun belum berhasil diselesaikan dengan baik.

Hingga babak kedua berakhir skor tetap bertahan hingga perpanjangan waktu tidak ada tim yang mencetak gol, sehingga dilakukan drama adu pinalti.

Rizki Pora yang berhasil mencetak gol pertama bagi Persisam diikuti tiga penendang lainnya Gamal dan Muhammad Ikram Selang.

Skor 4-1 itu tidak mampu dibalas Madjino dari PS Sinar Selatan yang tendangannya berhasil dihalau penjaga gawang, sehingga berbuah kemenangan bagi PS Persisam.

Sebelumnya, Persisam Sangaji akan bertemu PS Sinar Selatan di final Piala Wali Kota Ternate pada Jumat (30/12), setelah keduanya berhasil meraih kemenangan pada laga semifinal.

PS Sinar Selatan sendiri berhasil meraih kemenangan atas PS Olimpic dengan skor 2-1 (1-1) masing-masing melalui kaki Fikram Kunub menit 1 dan Didianto menit ke-56, sedangkan, satu-satunya gol yang dicetak PS Olimpic melalui kaki Abdul Gani Lukman pada menit ke-14 babak pertama.

Sementara itu, PS Persisam Sangaji berhasil melaju ke final setelah menang secara dramatis dari PS Puma Akehuda melalui adupinalti dengan skor 5-4.

Untuk juara 3 diraih PS Puma Akehuda setelah di laga tersebut mengalahkan PS Olimpic dengan skor 3-1 dan tim Persisam berhasil membawa bonus Rp20 juta dan piala bergilir Walikota Cup.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016