Ambon, 19/1 (Antara Maluku) - Arus kargo maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia melalui Bandara Udara Pattimura Ambon selama tahun 2016 mengalami peningkatan sebesar delapan persen.

Manajer Umum PT Garuda Cabang Ambon Sonny Pongoh mengatakan, dibandingkan tahun 2015 pertumbuhan arus kargo tahun 2016 meningkat delapan persen.

"Secara trend jumlah tersebut memang mengalami penurunan karena restriksi terkait kebijakan pengiriman sampel tanah di pertengahan tahun 2016, tetapi tidak mempengaruhi arus pengiriman," katanya di Ambon, Kamis.

Menurut dia, pelayanan kargo ekspor domestik maupun internasional Garuda di Bandara Pattimura Ambon telah dimulai sejak 2010. Pelayanan ini selanjutnya ditunjang dengan "cargo service center" (CSC) di Kota Ambon yang diresmikan pada Juni 2013.

"CSC dioperasikan bekerja sama dengan PT Pos Indonesia cabang Ambon sebagai media informasi bisnis guna memudahkan masyarakat mengirimkan barang tanpa harus ke bandara," katanya.

Sonny menjelaskan, arus kargo melalui Bandara Udara Pattimura Ambon didominasi produk ekspor perikanan, sampel tanah dan pengiriman secara umum.

"Kargo Garuda Indonesia dari Ambon ke beberapa daerah tujuan di dalam negeri maupun internasional yang didominasi produk ekspor perikanan berupa ikan tuna, belut dan hasil perikanan lainnya, serta sampel tanah," ujarnya.

Ia mengakui, Pihaknya optimis arus cargo yang diangkut maskapai penerbangan nasional ini akan terus meningkat.

"Saya yakin di tahun 2014 ini arus cargo yang diangkut akan terus meningkat karena masyarakat sudah semakin menaruh kepercayaan kepada kami," katanya.

Pihaknya kedepan akan mengembangkan "premium service" yakni pengiriman kargo jalur khusus seperti layanan penumpang kelas bisnis.

"Premium service` tidak berbeda jauh dengan bisnis kelas bagi penumpang, kami berharap kehadiran CSC dapat membangun sinergi dengan pemerintah daerah untuk mengembangkan hasil produksi," kata Sonny.

Cargo Service Center (CSC) merupakan layanan Garuda Cargo yang berfungsi sebagai Sarana Promosi sekaligus Pusat Layanan Cargo dan Outlet Penjualan. Melalui layanan tersebut pihaknya melayani pengiriman barang dari "City to Door dan City to City, di mana Cargo Service Center berfungsi sebagai Drop and Pick up Point.

Selain itu, melalui layanan ini, para pengguna jasa dapat melakukan pengiriman dan pengambilan barang atau dokumen di Cargo Service Center terdekat tanpa harus datang ke bandara.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017