Ambon, 23/1 (Antara Maluku) - Wagub Maluku Zeth Sahuburua di Ambon, Senin, menggelar rapat pemantapan pengamanan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang penyelenggaraannya dijadwalkan di Kota Ambon, ibu kota provinsi Maluku pada 1-10 Februari 2017.

Rapat melibatkan Panitia Daerah HPN 2017 Bidang Keamanan, Acara, Pameran, Transportasi dan Akomodasi.

"Saya tidak menginginkan pengamanan hanya saat puncak peringatan HPN pada 9 Februari 2017 yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo, karena rangkaian kegiatan sejak 1 Februari strategis bagi percepatan pembangunan Maluku," ujarnya.

Karena itu, masing - masing kesatuan, baik TNI maupun Polri diarahkan memantapkan skenario pengamanan sesuai dengan jadwal kegiatan yang telah dikoordinasikan Panitia Daerah dan Pusat dengan kehadiran Presiden yang diatur Paspampres.

"Rasanya peringatan HPN jumlah pesertanya tidak sebanyak penyelenggaraan MTQ Nasional XXIV di Ambon pada 8-15 Juni 2012 maupun Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) XI Nasional pada 2-10 Oktober 2015. Namun, stabilitas keamanan yang kondusif haruslah dipelihara karena strategis dalam menentukan suksesnya HPN 2017," kata Wagub.

Dia memastikan penyelenggaraan HPN strategis bagi pembangunan Maluku dan stabilitas keamanan menjadi salah satu penentu bagi investor untuk menanamkam modalnya.

"Jadi masyarakat haruslah berperanserta memelihara stabilitas keamanan dengan mendukung personil TNI dan Polri sehingga terealisasi sukses penyelenggaraan, target kegiatan dan pertanggung jawaban keuangan sebagaimana MTQ maupun Pesparawi Nasional," tandas Wagub.

Dia mengakui, sejumlah kegiatan telah dilaksanakan pada pra HPN dengan melibatkan siswa SMA, mahasiswa, masyarakat dan berbagai komponen bangsa lainnya.

Penyelenggaraan HPN 2017 telah dipersiapkan setelah peluncuran tingkat nasional di Jakarta pada 23 Juli 2016 dan di Ambon pada 8 September 2016.

"Jadi pada prinsipnya Maluku bertekad menjadi tuan rumah penyelenggaraan yang sukses dengan dampaknya bagi optimalisasi program pembangunan serta mekanisme pemerintahan dan pelayanan sosial yang dilandasi thema `Pers Dan Rakyat Maluku Bangkit Dari Laut," katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum Panitia Daerah HPN 2017, Hamin Bin Thahir berharap HPN 2017 berdampak positif untuk mendirikan Institut Teknologi Ambon (ITA), pembangunan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dan pembangunan perkampungan multikultur.

Selain itu, merealisasikan program Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN), Provinsi Kepulauan bersama enam provinsi lain dan mempersiapkan SDM berkualitas menjelang pengoperasian Blok Migas Masela,

"PWI Pusat melalui Ketuanya, Margiono telah menjamin mendukung program-program strategis yang dibutuhkan Maluku dalam rangka mengoptimalisasi pengelolaan potensi SDA guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.,

"Saya optimistis HPN 2017 yang diperjuangkan Gubernur Maluku, Said Assgaff dengan dukungan Ketua DPRD setempat, Edwin Huwae, maka sukses penyelenggaraan, prestasi dan pertanggung jawaban keuangan," tegas Hamin.

Maluku ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan HPN 2017 dengan SK No.247/PCP/PP. PWI/2016 yang ditandatangani Ketua Umum PWI, Margiono dan Sekjen Hendri Ch Bangun, di Jakarta tertanggal 9 Mei 2016.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017