Ambon, 24/1 (Antara Maluku) - Stand Pameran Kodam XVI/Pattimura ditetapkan sebagai Juara I pada Pameran Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) dan Serbuan Teritorial (Serter) yang digelar di Lapangan Parkir GOR A.Yani, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur. 

Siaran Penerangan Kodam XVI/Pattimura yang diterima Antara di Ambon, Selasa, menyebutkan, pameran ini merupakan salah satu yang digelar pada rangkaian acara Rapat Paripurna TMMD ke 37 yang dibuka oleh Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo pada 20 Januari 2017, di samping pameran Alat Peralatan Pertahanan (Alpalhan) dan Pameran Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu (SP3T) dalam Negeri.

Penetapan para juara dilakukan oleh panitia indpenden yang dibentuk oleh Staf Terirorial Markas Besar Angkatan Darat.

Juara II diraih stand Kodam VII/Wirabuana, Juara III Kodam Iskandar Muda, Juara Harapan I Kodam XII/Tanjungpura, Juara Harapan II Kodam IX/Udayana, dan Juara harapan III Kodam II/Sriwijaya.

Kapendam XVI/Pattimura Kolonel Arh M. Hasyim Lalhakim mengatakan, penyerahan piagam dan hadiah rencanyan dilaksanakan pada hari ini dalam acara penutupan Rapim.

Stand Pameran Kodam XVI/Pattimura yang berada di posisi nomor 2 dari ujung tenda bagian dalam berisikan produk-produk program unggulan untuk membangun Maluku, yakni Emas Biru, Emas Hijau dan Emas Putih.

Produk program Emas Biru meliputi berbagai jenis ikan, di antaranya kerapu, bubara, sidat dan jenis lainnya, Emas Hijau yang meliputi tanaman keras produktif seperti palaka, gaharu, kasuari, pala dan cengkeh disebut tanaman legendaris Maluku, tanaman buah-buahan dan tanaman hortikultura berikut dengan hasil panennya.

Sedangkan program Emas Putih meliputi kegiatan silaturahmi, komunikasi sosial dan tatap muka serta kegiatan keagamaan bersama.

"Tiga program unggulan Kodam XVI/Pattimura itu merupakan serbuan teritorial yang dikemas dan disesuaikan dengan potensi kekayaan alam Maluku dan Maluku Utara, dan manfaatnya sudah bisa dirasakan oleh masyarakat," kata Kapendam Hasyim.

Seluruh kegiatan yang mencakup program unggulan ditampilkan dalam foto, brosur dan film dalam layar LCD serta tampilan banner mekanisme produksi Emas Biru dan Emas Hijau.

Selain itu juga dilengkapi dokumentasi foto dan film kegiatan TMMD ke 96 dan 97 tahun anggaran 2016.

Sementara itu, Aster Kasdam XVI/Pattimura Kolonel Inf Very Sudijanto Sudin selaku penanggungjawab Stand Pameran menyatakan, keberhasilan itu merupakan hasil kerja sama semua personel Kodam XVI/Pattimura.

"Saya bangga dan mengucapkan terima kasih kepada Dandim Tobelo sebagai koordinator umum, seluruh Dandim satgas TMMD dan para pihak yang telah mendukung semua sarana dan prasarana pameran," katanya.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017