Ambon, 6/2 (Antara Maluku) - Panitia Hari Pers Nasional (HPN) 2017 Provinsi Maluku, bekerjasama Dinas Kesehatan Kota Ambon dan Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, membuka Posko Kesehatan, di Lapangan Merdeka Ambon.

Posko Kesehatan ini dibuka untuk melayani para pengunjung yang sakit di lokasi pameran Hari Pers Nasional (HPN) ke-69 dan Maluku Expo 2017, kata dr Helen Taribuka, yang bertugas di Posko Kesehatan tersebut, Senin.

Tim medis terdiri dari dokter umum dan perawat yang siap memberikan pelayanan kesehatan kepada para pengunjung yang mendatangi posko kesehatan.

Menurut dia, posko kesehatan difungsikan, setelah Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua membuka pameran HPN dan Maluku Expo, yang mulai pada 6-9 Februari 2017.

"Pos kesehatan bersiaga mulai pagi sampai malam, dan melayani pengunjung yang ingin mengecek kesehatan seperti gula darah, kolestrol dan asam urat," kata dr Helen.

Ia mengatakan, pihaknya akan melayani kesehatan bagi para pengunjung, terutama orang tua yang ingin mengetahui kadar gula darah, asam urat dan kolestrol yang ada di dalam tubuh mereka.

Selain itu, fungsi posko kesehatan juga untuk menangani pengunjung yang sakit atau pengunjung yang mengalami kecelakaan kecil, selama kegiatan pameran berlangsung.

"Pelayanan kesehatan seperti ini, merupakan salah satu sosialisasi program-program kesehatan kepada masyarakat , sehingga bermanfaat dan diharapkan diterima secara positif di masyarakat," ujar dr Helen

Lebih lanjut, dia mengatakan pihaknya tetap siaga mengantisipasi pengunjung yang datang untuk mengecek kondisi tubuh mererka, dengan mengerahkan 15 personel perawat siang dan juga 15 perawat malam yang tergabung dari berbagai Puskesmas di Kota Ambon, melayani pengunjung pameran yang sakit atau mengalami kecelakaan kecil.

"Sejumlah jenis obat disiapkan, diantaranya vitamin, obat lambung, obat sakit kepala dan lainnya," jelasnya. 

Pewarta: Rofinus E. Kumpul

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017