Ternate, 15/2 (Antara Maluku) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) mendorong masyarakat di daerah ini untuk menerapkan pola hidup sehat guna mencegah berbagai penyakit musim pancaroba.

"Hidup sehat itu tidak hanya menyangkut kebersihan diri dan pola makan, tetapi juga kesehatan lingkungan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, dr Fathiyah Suma di Ternate, Rabu.

Dia mengatakan, penyakit yang biasanya menumpuk pada musim pancaroba di antaranya Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) dan penyakit yang ditimbulkan oleh faktor lingkungan seperti malaria dan demam berdarah.

Menurut dia, dengan berpola hidup sehat maka penyakit-penyakit itu bisa dihindari, karena tubuh memiliki kekuatan untuk melawan, dan lingkungan yang bersih juga mencegah nyamuk malaria berkembangbiak.

"Khusus untuk mencegah malaria dan demam berdarah, masyarakat harus melakukan berbagai upaya dengan membersihkan lingkungan, terutama selokan atau genangan air yang dapat menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk," katanya.

Masyarakat harus menerapkan konsep 3M yakni menguras, mengubur dan menutup tempat-tempat yang dapat menampung air, dan menerapkan pola hidup sehat.

Masyarakat juga harus melakukan pencegahan dengan cara memakai obat nyamuk, baik obat nyamuk bakar maupun dalam bentuk oles, serta menggunakan kelambu saat tidur serta menanam tanaman pengusir nyamuk seperti serei, bunga lavender dan bunga tahi ayam.

Dia menambahkan, Dinkes Kota Ternate telah menyosialisasikan ke seluruh Puskesmas untuk menyiagakan dokter dan perawat, termasuk obat-obatan.

"Yang menggembirakan, kasus malaria di Ternate yang sebelumnya mencapai empat kasus per 1.000 penduduk kini turun menjadi satu kasus per 1.000 penduduk," katanya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017