Ambon, 8/3 (Antara Maluku) - Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IX/ Ambon berkerja sama dengan CSR dan SMEPP MOR VIII PT. Pertamina (Persero) Wilayah Maluku dan Papua, Rabu, menggelar bakti sosial (Baksos) kesehatan "Peduli Siswa/Siswi", menyambut peringatan Hari Kesehatan Dunia yang jatuh pada 7 April 2017.

Bakti sosial berupa penyuluhan kesehatan, parade sikat gigi, pemeriksaan mata dan gigi digelar di SD 1 dan 2 Hang Tuah serta SMP Hang Tuah yang berada di kompleks Lantamal IX di desa Halong, kecamatan Baguala.

Kegiatan yang dijadwalkan hingga 13 Maret 2017 itu juga digelar di SD Negeri 1, 2, 14, 82, dan SD Inpres Ambon, serta SMP Negeri 9, 12, 13, dan SMP Alfatah.

Komandan Lantamal (Danlantamal) IX, Laksamana Pertama TNI Nur Singgih Prihartono mengatakan sebagai generasi penerus bangsa, kesehatan para pelajar perlu mendapat perhatian penting, terutama mata.

Karena penggunaan peralatan berteknologi tinggi seperti komputer, laptop, dan telepon genggam dapat berdampak pada gangguan kesehatan mata.

"Kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas antara Lantamal IX dengan Pertamina selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN)," katanya.

Sedangkan, Sales Executive Retail PT. Pertamina (Persero) Wilayah Maluku dan Papua, Mahdi Syafar mengatakan, BUMN selalu mendukung upaya pemenuhan kesehatan masyarakat dengan mengusung tema "Hadir Untuk Negeri" dan "Mata Jendela Harapan Dunia".

Kepala Rumkital dr. F.X. Suhardjo Letkol Laut (K) dr. Hisnindarsyah menambahkan selain memeriksa mata dan gigi para pelajar di 12 SD dan SMP pada akhir kegiatan 13 Maret 2017 juga akan dibagi kacamata maupun perlengkapan sekolah oleh PT. Pertamina dan Yayasan Bangun Sehat Indonesiaku (YBSI).

Pembagian bantuan tersebut akan dilaksanakan di kantor PT. Pertamina (Persero) Wilayah Maluku dan Papua. Bersamaan dengan itu juga akan dilakukan pemeriksaan kesehatan umum dan gigi.

"Pelaksanakan selama lima hari dengan berkeliling di 12 sekolah, targetnya 1.000 anak bisa mendapat dukungan kacamata gratis. Diharapkan Baksos ini dapat terlaksana dengan baik dan bermanfaat positif, terutama yang mempunyai gangguan mata dan gigi," katanya.


  

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017