Ambon, 17/3 (Antara mMaluku) - Gubernur Maluku Said Assagaff memfasilitasi penderita tumor ganas, Nahla Namma (14) untuk menjalani pengobatan di Makassar, Sulawesi Selatan.

"Saya telah memfasilitasi Nahla berangkat ke Makassar pada 17 Maret 2017 agar bisa diperiksa intensif oleh tim dokter spesialis," kata Gubernur Said Assagaff dikonfirmasi, Jumat.

Hasil pemeriksaan nantinya menjadi rujukan untuk siswi kelas III Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Sepa, kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah itu menjalani operasi.

Gubernur Said Assagaff mengemukakan, setelah dilaporkan nasib Nahla, maka dirinya berkoordinasi dengan Kadis Kesehatan Maluku, Meykal Pontoh tentang teknis pengobatan yang harus dijalani.

Bahkan, Meykal juga diarahkan berkoordinasi dengan rumah sakit maupun dokter spesial di Makassar sebelum Nahla diberangkatkan.

"Saya kasihan karena Nahla masih muda sehingga harus ditolong agar memiliki harapan hidup, selanjutnya bila operasi dilaksanakan baik, maka bisa melanjutkan pendidikannya," tandas Gubernur.

Dia mengakui, baru mengetahui penyakit yang diterima Nahla setelah kembali dari Rakerda Pemprov Maluku di Pulau Manipa, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) pada 14 - 16 Maret 2017.

"Jadi ini tanggung jawab Pemprov Maluku terhadap warganya sebagai wujud kepedulian sosial yang memang terlambat ditangani sehingga tumor di bagian kaki," ujar Gubernur.

Nahla merupakan anak kelima dari delapan bersaudara dari pasangan Abdul Karim Namma (48) dan Bidara Sopalatu (44).

Dia telah menderita penyakit tersebut sejak usia 10 tahun saat diduk di kelas V SD.

Lututnya bengkak dan membesar saat berada di kelas II MTs negeri Sepa.

Nahla sejak Januari 2016 saat berada di kelas III MTS sudah tidak bisa berjalan ke sekolah dan hanya belajar di rumah dengan bimbingan para gurunya yang tergerak hati karena motivasi tingginya untuk mengikuti Ujian Nasional (N) nantinya.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017