Ternate, 22/3 (Antara Maluku) - Komando Daerah Militer (Kodam) XVI Pattimura menggelar Apel Komandan Satuan Tersebar (Dansat) di Maluku Utara (Malut) sebagai sarana evaluasi pembinaan satuan dan kepemimpinan yang dihadapkan dengan dinamika tantangan tugas yang terus berkembang.

"Selain itu, mengidentifikasi berbagai permasalahan yang ditemukan di jajaran Kodam XVI/Pattimura, termasuk di wilayah Malut," kata Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Doni Monardo di Ternate, Selasa.

Apel Komandan Satuan Tersebar Kodam XVI/Pattimura tahun 2017 yang dilaksanakan di Markas Komando Batalyon Infanteri Raider Khusus 732/Banau Desa Porniti Kecamatan Jailolo Kabupaten Halmahera Barat.

Kegiatan itu diikuti para Kepala Badan Pelaksana Kodam, Para Asisten di Jajaran Kodam XVI/Pattimura, juga diikuti oleh seluruh Komandan Satuan baik Satkowil, Satpur, Satbanpur dan Satbalak/banmin dengan total peserta menapai 169 Orang.

Dari Apel Dansat diharapkan dapat dirumuskan secara lebih jelas konsep pembinaan yang harus dilakukan oleh unsur pimpinan atau komandan.

"Apel Dansat ini juga bertujuan untuk menyamakan persepsi dan pemahaman Komandan Satuan berkaitan dengan pokok-pokok kebijakan pimpinan TNI AD khususnya Kodam XVI/Pattimura," kata Pangdam Doni.

Pokok-pokok kebijakan itu dijabarkan dalam pelaksanaan program kerja satuan sehingga mampu mencapai sasaran dan terwujud satuan yang siap operasional dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam XVI/Pattimura.

Kegiatan dengan tema "Melalui Apel Dansat Tersebar Kodam XVI/Pattimura Tahun 2017, Kita wujudkan Prajurit Kodam XVI/Pattimura yang kuat, hebat, profesional siap melaksanakan tugas pokok tersebut berlangsung selama tiga hari.

Acara diisi dengan berbagai kegiatan baik berupa pembekalan, diskusi, evaluasi hingga pemeliharaan kemampuan dasar Prajurit, sasaran pelaksanaan kegiatan tersebut membangun inovasi dan inisiatif Komandan Satuan sehingga senantiasa melakukan berbagai terobosan dalam rangka perbaikan kualitas satuannya masing-masing.

Pangdam Doni berharap Apel Dansat itu dapat menjadi pengetahuan baru bagi para peserta yang dapat diimplementasikan dalam rangka menunjang tugas pokok satuan.

"Lewat kegiatan evaluasi setiap bidang, Kesegaran Jasmani, Menembak Senapan dan Pistol, renang 1 KM, akan terbentuk Prajurit yang disiplin serta memiliki fisik prima, berkualitas dan memiliki soliditas tinggi dalam melaksanakan tugas," katanya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017