Ternate, 24/3 (Antara Maluku) - Apel Komandan Satuan (Dansat) Tersebar Kodam XVI/Pattimura melaksanakan materi renang 1 Km di Teluk Bobanehena, Jailolo, Halmahera Barat, Maluku Utara.

Kapendam XVI/Pattimura Kolonel Arh Hasyim Lalhakim di Ternate, Jumat, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari Apel Dansat Tersebar Kodam XVI/Pattimura tahun 2017.

"Kegiatan renang sejauh 1 Km ini gagasan Pangdam XVI/Pattimura yang telah sering dilaksanakan, dengan dasar pemikiran Maluku dan Malut memiliki kondisi geografis kepulauan dengan bentang laut sangat luas," katanya.

Jadi, sudah menjadi hal yang lumrah jika prajurit di jajaran Kodam XVI/Pattimura dapat berenang ketahanan.

Kemampuan tersebut juga akan sangat berguna saat prajurit mengalami hal-hal yang tidak diinginkan ketika melakukan serpas melalui laut, minimal mampu menyelamatkan diri sendiri maupun membantu orang lain.

Panglima Kodam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo yang didampingi sejumlah Asisten Kodam, Para Komandan Satuan dan Kepala Badan Pelaksana Kodam turut mengikuti kegiatan renang 1 Km tersebut.

Sejumlah perlengkapan pendukung yang disiapkan antara lain lintasan renang, pelampung, juga tim penyelamat demi mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan.

Para peserta dibagi menjadi tiga gelombang sesuai kelompok umur.

Pada kegiatan itu, sebagian besar peserta dapat menyelesaikan renang 1 Km, tetapi ada beberapa yang harus dihentikan tim penolong dengan pertimbangan keselamatan.

Waktu tercepat tercatat 14 menit dan 4 detik.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017