Ternate, 2/5 (Antara Maluku) - DPD Partai Golkar Maluku Utara (Malut) belum memutuskan pendamping Ahmad Hidayat Mus (AHM) yang akan diusung pada Pilkada Gubernur/Wakil Gubernur Malut tahun 2018 mendatang.

"Dalam memaketkan pasangan, tentunya Partai Golkar melakukan survey yang diikuti 28 bakal calon wakil gubernur Malut," kata Ketua Bidang Komunikasi DPD Partai Golkar Malut, Syawaluddin Damopolii di Ternate, Selasa.

Oleh karena itu, DPD Golkar berharap agar para bakal calon Wakil Gubernur untuk turun ke masyarakat dengan melakukan sosialisasi, karena siapapun yang akan dipaketkan dengan AHM hasilnya melalui survey.

Menurut Syawaluddin, Golkar Malut menganggap klaim Hi Kasman H. Ahmad yang bakal berpaketan dengan AHM sangat keliru, sebab, hingga saat ini belum ada siapa-siapa yang akan mendapingi AHM karena masih menunggu keputasan DPP partai Golkar.

Bahkan, klaim mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU) yang disampaikan pekan lalu sangat keliru, sebab, sampai saat ini paket finalisasi terkait Bacawagub yang nantinya dampingi AHM belum ada.

"Kita menghargai antusiasnya pak Kasman. Tapi yang disampaikan pa Kasman sudah terlalu jauh dan itu sangat keliru," kata Syawal.

Menurut Syawaluddin, 28 tokoh yang masuk dalam bursa paket dengan mantan Bupati Kabupaten Sula itu akan diseleksi sesuai mekanisme partai.

"Mereka akan disurvei sesuai mekanisme partai. Jadi, tidak ada pendekatan tertentu dengan satu kandidat," ujarnya.

Dia menjelaskan, yang akan mendampingi AHM adalah orang-orang yang memilki elektabitis dan popularitas tertinggi berdasarkan hasil survei dan prinsipnya Partai Golkar tetap mengacu pada hasil keputusan rapat koordinasi DPD I Malut yang memutuskan Partai Golkar hanya mengusung AHM sebagai cagub tunggal dan calon wakilnya AHM akan ditentukan berdasarkan hasil survei.

Syawal menambahkan, survei akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini dan meminta agar 28 tokoh yang masuk daftar survei tetap patuhi mekanisme partai.

"Supaya tidak menimbulkan persepsi buruk dari publik maupun calon wakil AHM yang lainnya, karena khawatirkan jangan sampai ada persepsi miring dari yang lain, sehingga diharapkan pada 28 tokoh agar khususnya Kasman Hi Ahmad agar jangan terlalu jauh klaim dirinya," katanya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017