Ternate, 4/5 (Antara Maluku) - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Utara (Malut) memeriksa urine para camat guna memastikan penyelenggara negara di daerah itu bebas dari narkoba.

"Para camat langsung diperiksa urinenya dalam sosialisasi P4GN," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNNP Malut, Hairuddin Umaternate di Ternate, Kamis.

Dia menyatakan, tes urine bagi Camat se-Provinsi Maluku Utara juga diikuti dengan tes mendadak terhadap Sekkab Pulau Taliabu Salim Ganiru, yang mengikuti Penutupan Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintah Desa Se-provinsi Maluku Utara diakhiri dengan sosialisasi P4GN.

Menurut Hairuddin, seluruh 120 peserta rapat tersebut menjalani tes urine, karena kondisi darurat di Indonesia tidak menjamin ada daerah yan bebas dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Dia berharap para Camat membantu sosialisasi P4GN melalui penempelan stiker stop narkoba, serta membantu upaya rehabilitasi bagi penyalahguna dengan menghubungi BNNP Malut melalui call center 184 dan sms center 081369102936.

Setelah sosialisasi singkat, Kabid P2M mengarahkan Sekretaris Kabupaten Pulau Taliabu yang juga hadir pada kegiatan tersebut dan sejumlah 24 camat yang dipilih secara acak melaksanakan tes urine.

Hasilnya, seluruhnya negatif.

Sekkab Kabupaten Pulau Taliabu, DR Salim Ganiru menyampaikan bahwa Pulau Taliabu dengan letak geografis sebagai daerah terluar, terpencil dan tertinggal juga rawan penyelundupan narkoba.

Karena itu, perlu ada koordinasi dengan BNNP Maluku Utara untuk pembentukan BNN Kabupaten.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017