Ambon, 15/5 (Antara Maluku) - Tim Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) Inspektorat Jenderal (Itjen) TNI menggelar kunjungan kerja pengawasan dan pemeriksaan ke Markas Komando (Mako) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX/Ambon, Senin.

Tim Wasrik Itjen TNI dibawah pimpinan Kolonel Sus Sujono itu melakukan pengawasan dan pemeriksaan ke Lantamal IX/Ambon terkait tugas-tugas mereka sebagai satgas laut, khususnya dalam Operasi Pengamanan Daerah Rawan (Pamrahwan).

Tim tersebut disambut oleh Komandan Lantamal IX/Ambon Laksamana Pertama TNI Nur Singgih Prihartono, didampingi wakilnya Kolonel Marinir Imam Sopingi dan para kepala dinas dan kepala satuan kerja di jajaran Lantamal IX/Ambon.

Kolonel Sus Sujono mengatakan pihaknya akan melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan di Lantamal IX selama dua hari, dengan berfokus pada beberapa bidang tertentu.

Tidak hanya soal Operasi Pamrahwan, tim Wasrik Itjen TNI juga akan memeriksa masalah perbendaharaan, pemanfaatan fasilitas dinas, termasuk hal-hal yang terkait dengan personel dan BPJS bagi mereka.

"Sebagai tim Wasrik Itjen TNI, kami melaksanakan tugas di satuan TNI wilayah Maluku dan Maluku Utara untuk pengawasan dan pemeriksaan kinerja organisasi dan persenjataan," kata Kolonel Sus Sujono.

Sementara itu, Komandan Lantamal IX/Ambon Laksamana Pertama TNI Nur Singgih Prihartono mengatakan tim Wasrik hendaknya dipandang sebagai mitra kerja, sehingga terjalin pola kemitraan antara pelaksana maupun objek pengawasan dan pemeriksaan.

Dengan demikian, kondisi tersebut akan dapat menumbuhkembangkan hubungan timbal balik yang harmonis, sehingga dapat terwujud komunikasi yang transparan.

Ia juga berharap kunjungan tim Wasrik Itjen TNI dapat memberikan manfaat dan memperoleh masukan-masukan berharga, guna meningkatkan tugas-tugas pembinaan di Lantamal IX/Ambon, agar menuju ke arah yang lebih baik di masa mendatang.

"Saya berharap, baik kepada tim Wasrik maupun para kepala satuan kerja agar dapat mengembangkan pola kemitraan dalam pelaksanaan pengawasan dan pemeriksaan ini, kembangkan suasana keterbukaan serta komunikasi yang dialogis sehingga diperoleh informasi dan masukan yang objektif serta bermanfaat," ujar Komandan Lantamal IX.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017