Ambon, 17/5 (Antara Maluku) - Gubernur Maluku Said Assagaff, di Ambon, Rabu, membuka jambore kader Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) provinsi setempat.

"Para kader PKK menikmati perjumpaan yang hangat dan penuh kekerabatan sehingga jambore ini haruslah didukung berbagai kegiatan strategis dengan tujuan meningkatkan pemahaman akan pentingnya 10 program PKK," katanya.

Apalagi, jambore ini diikuti ratusan kader PKK dari sembilan kabupaten dan dua kota di Maluku yang melibatkan pengurus maupun kelompok kerja (Pokja).

"Saya mengharapkan kader PKK yang berjambore selama dua hari memiliki motivasi, daya tangkal dan komitmen untuk mengatasi berbagai potensi mengganggu integritas kebangsaan," ujar Gubernur.

Dia mengakui, bangsa Indonesia saat ini dihadapkan dengan realitas bahwa spirit Bhineka Tunggal Ika sedang berada dalam masa ujian maupun tantangan cukup berat.

"Sesungguhnya ada upaya mengganggu keutuhan NKRI. Namun, saya percaya masih banyak komponen bangsa yang siap menghadapinya," kata Gubernur.

Dia memandang, semakin berat ujian yang dihadapi bangsa Indonesia akan menjadikan Indonesia semakin kuat demi kejayaan Bunda Pertiwi.

"Jadinya, saya menaruh harapan besar kepada para kader PKK Maluku yang berpartisipasi dalam jambore agar memanfaatkan kegiatan ini untuk berinteraksi secara positif," ujarnya.

Gubernur menilai, jambore kader PKK ini juga momentum berharga untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta persaudaraan sebagai anak negeri Maluku yang terikat semangat `ale rasa beta rasa` maupun sagu salempeng dipatah dua.

"Slogan-slogan strategis ini mestinya dijaga dan dipelihara sebagai kekayaan budaya Maluku yang harus dilestarikan sebagai warisan para leluhur," tandasnya.

Sedangkan, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku, Ny.Retty Assagaff menyatakan, jambore kader PKK bertujuan menambah wawasan , pengetahuan dan ketrampilan, sekaligus ajang saling menukar informasi tentang pelaksanaan 10rogram pokok PKK.

Selain itu, memotivasi para kader agar meningkatkan konerjanya dalam rangka mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera.

Jambore ini juga dimanfaatkan untuk memberikan penghargaan kepada Tim Penggerak PKK kabupaten/kota atas prestasi terhadap realisasi pelaksanaan 10 program pokok PKK.

"Terpenting melalui jambore pada kader PKK Maluku mampu meningkatkan persatuan dan kesatuan," tegas Ny. Retty.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017