Ternate, 26/5 (Antara Maluku) - Sebanyak 40 peserta dinyatakan lulus ujian pelatihan untuk mendapatkan Sertifikasi Izin Operator (SIO) dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Maluku Utara.

"SIO diberikan setelah lima hari mengikuti pendidikan dan pelatihan," kata Kabid Hubungan Industrial dan Pengawasan Tenaga Kerja Disnakertrans Maluku Utara, " Sofyan Umasangaji, di Ternate, Jumat.

Pelatihan yang dilaksanakan ini merupakan kerjasama antara Disnakertrans Maluku Utara dan Kementerian Tenaga Kerja dengan peserta merupakan para operator yang terdaftar di seluruh perusahan yang ada di daerah ini.

Ujian kepemilikan SIO ini diperuntukan bagi para tenaga kerja di perusahan khususnya di bidang pesawat angkut dan angkat seperti forklift, buldozer, hingga backhoe.

"Fungsi SIO seperti surat izin mengemudi (SIM) pada kendaraan bermotor," kata Sofyan.

40 peserta yang mengikuti ujian ini semuanya merupakan putera daerah Maluku Utara dengan harapan agar perusahan yang ada di daerah ini tidak lagi merekrut operator luar daerah, apalagi bila tidak memiliki SIO.

Sofyan mengemukakan, ujian kepemilikan SIO yang dilaksanakan Disnakertrans Maluku Utara selama lima hari tersebut tidak di pungut biaya sama sekali.

Terobosan dari Pemprov Maluku Utara untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempunyai lisensi SIO seperti dengan operator lain dari luar daerah yang dipekerjakan di perusahan beroperasi di daerah ini.

"Jika SIO-nya sudah diterbitkan, maka pemilknya bisa bekerja di seluruh perusahan apabila dibutuhkan, karena legalitasnya diterbitkan Kementerian Tenaga Kerja Pusat," tegasnya.

Para peserta yang mengikuti ujian pelatihan ini juga diberikan pemahaman tentang penggunaan bobot dan beban kerja sesuai dengan UU No. 1 tahun 1970 tentang keselamatan dan kesehatan kerja.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017