Ternate, 29/5 (Antara Maluku) - PLN Rayon Kota Maba, Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara, menjamin tidak ada pemadaman listrik di saat berbuka maupun sahur selama Ramadan.

"Kami jamin tidak ada pemadaman. Kalaupun terjadi pemadaman, hal itu lebih lebih disebabkan karena faktor eksternal maupun masalah teknis," kata Kepala Operator Mesin PT PLN Rayon Maba, Bahtiar dihubungi dari Ternate, Senin.

Dia mengaku, pihaknya telah mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa terjadi sehingga menyebabkan pemadaman saat Ramadan nanti dengan mengganti Fio filter, oli filter, separator siver untuk menghindari gangguam mesin.

Selain filter, kata dia, stok BBM untuk operasional sebulan penuh juga sudah tersedia untuk memenuhi kebutuhan pemakaian selama sebulan penuh.

"Untuk stok BBM telah kami siapkan kurang lebih 100 Ton dan itu menjamin untuk operasional nanti," ujarnya.

Sehingga, untuk memaksimalkan pelayanan selama ramadhan agar tidak ada gangguan dalam pelayanan pihaknya telah membersihkan pepohonan yang berdekatan dengan kabel aliran listrik agar gangguan bisa dihindari semaksimal mungkin.

"Di setiap momem keagamaan baik natal maupun puasa dan lebaran kita tetap melakukan persiapan paling masksimal untuk menjamin pelayanan bagi masyarakat, " ujarnya.

Dia mengaku, pembersihan pohon dilakukan dengam jarak antara kabel dan daun yakni 5-10 meter, karena biasanya gangguan dari dedauan juga menjadi masalah tersendiri makanya sudah kita bersihkan.

Sementara itu, untuk ketersediaan mesin dirinya mengaku sangat siap dimana pihak PLN memiliki stok mesin sebanyak 4 unit dengan kapasitas yang bervariasi.

"Untuk pelayanan malam kita pakai 1.500 KVA sementara untuk semua siang ada dua unit mesin dengan kapasitas masing masing 250 KVA dan untuk cedangan ada juga 1 unit berkapasitas 500 KVA," katanya.

Dia menambahkan, jika beban pemakaian pada puncak beban hanya 700 KVA lebih itupun hanya pada malam hari.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017