Ternate, 1/6 (AntaraMaluku) - Korem 152/Babullah Ternate, Maluku Utara (Malut), menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan di Lapangan Makorem 152/Babullah, Kamis.

Kasrem 152/Bbl Letkol Inf Sigit Purwanto bertindak selaku Inspektur Upacara, Kapten Ckm Rolly Wemo selaku Komandan Upacara serta diikuti oleh 2 SSK Personel TNI dan PNS TNI AD jajaran Korem 152/Babullah.

Upacara yang berangsung khidmat tersebut Irup membacakan sambutan Presiden RI dalam upacara kelahiran Pancasila yang berisi Pancasila sebagai Ideologi Negara yang disusun oleh para pendiri bangsa ini merupakan refleksi semangat dan jiwa bangsa Indonesia yang dituangkan dalam 5 butir Pancasila yang tidak akan lekang oleh zaman serta akan senantiasa relevan dengan kehidupan Bangsa Indonesia.

Sementara itu dalam keterangannya Kapenrem 152/Bbl Letnan Satu Inf Heru Darujito menyampaikan bahwa upacara peringatan hari lahir Pancasila ini dilaksanakan secara nasional sebagai bentuk rasa syukur dan kesetiaan TNI dalam mengawal serta menjaga keutuhan NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Dirinya berharap agar momentum hari lahirnya pancasila ini dapat dimaknai sebagai upaya memupuk semangat kekeluargaan dan pluralisme.

Sementara itu, memperingati hari Kesaktian Pancasila, sejumlah mahasiswa dan komunitas melanesia menggelar dialog dengan tema pancasila dalam keberagaman.

Koordinator Komunitas Melanesia Malut, DR Mukhtar Adam ketika dikonfirmasi menyatakan, dialog yang digelar ini sebagai refleksi bagi semua komunitas mulai dari pelajar hingga mahasiswa untuk memupuk rasa nasionalisme.

"Pancasila sebagai ideologi negara harus tertanam di jiwa kita sebagai bentuk rasa nasionalisme, sehingga bisa terhindar dari faham radikalisme yang mengancam rasa kebhinekaan," katanya.

Sehingga, kata Mukhtar, dirinya bersama komunitasnya menggelar dialog yang mengambil tema Pancasila dan Keberagaman yang menghadirkan Kapolda Malut, Danrem 152/Babullah Ternate, Pendeta Abraham Ugu dan Rektor IAIN Ternate DR Abdurahman Marasabessy.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017