Ambon, 4/6 (Antara Maluku) -Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo menggelar
kegiatan safari Ramadhan 1438 Hijriyah di Masjid At-Taqwa Rindam XVI/Pattimura Desa Suli Kecamatann Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Minggu.

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan safari Ramadhan 1438 H selama bulan puasa di lingkungan Kodam XVI/Pattimura.

Kegiatan itu merupakan bentuk perhatian Pangdam XVI/Pattimura untuk lebih dekat dan bersilahturahmi secara langsung dengan seluruh jajarannya, termasuk para Prajurit Siswa (Prasis).

"Kita harus memelihara perdamaian dengan kearifan lokal, menghimbau kepada masyarakat agar kearifan lokal Maluku tetap dijaga untuk mempererat tali silaturahmi antara wilayah. Jangan sampai ada pihak dengan dalih SARA melakukan hal-hal yang memicu perkelahian atau intoleransi," kata Pangdam.

Menurutnya, Maluku merupakan etalase laboratorium toleransi kerukunan beragama dan hal tersebut tidak serta merta ada, tetapi berkat kerja sama seluruh pihak terkait baik pemerintah maupun TNI-Polri. Kuncinya adalah komunikasi baik personal maupun kelompok dan hal tersebut sudah terbukti.

Pangdam juga meminta seluruh Pelatih yang ada di Rindam XVI/Pattimura agar mendidik para siswa yang sudah dipercaya oleh negara di lembaga pendidikan itu dengan baik, tidak hanya dari pembentukan (Diktuk) tetapi juga Kejuruan (dikbangpers).

"Mereka harus dibekali dengan komunikasi yang baik sehingga dapat menghasilkan Prajurit yang Profesional dan berdedikasi tinggi,"katanya.

Pada setiap pelaksanaan kegiatan Safari Ramadhan, Kodam XVI/Pattimura senantiasa memberikan sejumlah bantuan kepada kaum dhu’afah, fakir miskin, anak yatim dan ibu warakauri di lingkungan Kodam XVI/Pattimura.

Safari Ramadhan 1438 H juga dimeriahkan penampilan Grup Vokal Qosidah Rindam XVI/Pattimura dengan Koordinator Kapten Inf Amiruddin, Grup Vokal Siswa Dikmata dan Grup Vokal Dodik Bela Negara Rindam XVI/Pattimura.

Turut hadir pada acara tersebut Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Tri Soewandono, Irdam XVI/Pattimura Kolonel Agus Arif Fadillah, Danrimdam XVI/Pattimura Kolonel Inf Aswardi, Danpomdam Kolonel Cpm Eka Wijaya Permana, LO AL Kolonel Laut Azwan.

Selain itu Para Asisten Kasdam, Para Kabalak dan Dansat jajaran Kodam XVI/Pattimura, Tokoh Agama sekitar daerah Kecamatan Salahutu, siswa Secata dan Siswa Subadikbangpers serta Personil Rindam XVI Pattimura. (Pendam16)

Pewarta: Siaran Pers

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017