Ternate, 22/6 (Antara Maluku) - Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara memusatkan shalat Idul Fitri 1438 Hijriah di Masjid Nurul Bahar.

"Shalat Id pada 2017 berbeda dari tahun - tahun sebelumnya, yang biasanya dilaksanakan di halaman kantor Wali Kota Tikep," kata Kabag Humas Pemkot Tikep, Asis Hadad, di Ternate, Kamis.

Sholat Id ini merupakan yang perdana dilaksanakan Pemkot Tikep sejak Masjid Nurul Bahar diresmikan menjadi Masjid Agung.

"Kami mengimbau jajaran Pemerintah, BUMN/BUMD dan seluruh masyarakat agar menyemarakan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 H dengan memenuhi tempat pelaksanaan Shalat Id," ujar Asis.

Pelaksanaan Solat Id dijadwalkan dimulai pukul 07.00 WIT dan selaku Khatib DR. H. Jubair Situmorang, M. Ag, yang juga Wakil Rektor 2 STAIN Ternate.

Sedangkan, sebagai Imam, Ustadz H. Ali M. Tero yang juga merupakan Ketua Umum Pengurus Masjid Agung Nurul Bahar, Kota Tidore.

Penetapan 1 Syawal 1438 Hijriah masih menunggu pengumuman resmi dari Pemerintah Pusat setelah melalui rapat Isbat oleh Kementerian Agama RI.

Usai Sholat Id, Pemkot Tikep akan menggelar Open House selama tiga hari di tiga tempat yakni kediaman Wali Kota di kelurahan Tomagoba, kediaman Wakil Wali Kota di kelurahan Rum dan di kediaman Sekda di kelurahan Soa-Sio.

Sedangkan, Ketua Panitia Hari Hari Besar Islam (PHBI) kabupaten Halmahera Utara (Halut) , Roke Saway mengemukakan, telah menetapkan pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1438 Hijriah dipusatkan di Masjid Jammi kampung Cina. Tobelo.

Kehadiran jamaah pada saat hari raya Idul Fitri nanti sudah dipikirkan sejak dini sehingga halam Masjid dimanfaatkan untuk Shalat Id.

"Hasil rapat PHBI memutuskan shalat Idul Fitri 1438 Hijriah dipusatkan di Masjid Jammi untuk Pemkab Halut, sedangkan masjid-masjid lain juga tetap melaksanakan momentum kemenangan sebulan menunaikan Puasa," tandas Roke.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017