Ambon, 30/6 (Antara Maluku) - Aktivitas perekonomian di Kota Ambon, ibu kota provinsi Maluku pada H+5 Idul Fitri 1438 Hijriah, mulai berlangsung normal kembali.

Pantauan Antara, Jumat, terlihat pusat-pusat perbelanjaan baik pasar tradisional maupun mal dan super market telah buka kembali untuk melayani warga yang datang untuk membeli kebutuhan pokoknya.

Pusat perbelanjaan Ambon Plaza (Ampaz) misalnya, terlihat hampir semua toko telah beroperasi kembali walau pun warga yang datang berbelaja masih tergolong belum banyak.

"Hanya belasan toko di lantai satu dan dua yang menjual pakaian maupun sepatu belum buka karena pemiliknya sedang mudik ke kampung halaman mereka di Sulawesi," ujar salah seorang petugas Satuan Pengamanan (Satpam) pusat perbelanjaan tersebut, Arman.

Warga yang datang ke pusat perbelanjaan tersebut tujuannya lebih banyak untuk membeli kebutuhan pokok sehari-hari di matahari super market, di samping hanya melihat model dan koleksi pakaian yang dijual para pedagang.

Selain itu, sebagian besar toko di ruas jalan AY. Patty yang merupakan kawasan pusat ekonomi di Kota Ambon juga tampak telah buka untuk melayani warga yang datang untuk berbelanja.

"Kami sudah beroperasi kembali sejak tiga hari terakhir, tetapi transaksinya masih tergolong sepi dibanding hari-hari biasanya. kemungkinan disebabkan masih banyak warga yang mudik untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman dan belum kembali ke Ambon," kata salah seorang petugas di Planet super market, Ratna.

Sedangkan, pasar Mardika yang merupakan pasar tradisional terbesar di Kota Ambon, tampak dipenuhi warga yang datang untuk membeli kebutuhan pokok seperti sayuran, ikan maupun bumbu masak.

Beberapa warga mengaku harga kebutuhan pokok seperti aneka sayuran dan berbagai jenis ikan harganya mulai turun atau lebih murah dibanding saat perayaan Idul Fitri.

"Hari ini sayuran harganya lebih murah karena sudah banyak pedagang yang berjualan. Sayur kacang panjang misalnya harganya sudah turun dari sebelumnya Rp25.000/ikat menjadi Rp12.500 hingga Rp15.000/ ikat," ujar Ny. Bace.

Sedangkan ikan seperti cakalang berukuran sedang yang harganya sempat mencapai Rp50.000/ ekor pada H+1 Idul Fitri, saat ini dijual dengan harga bervariasi Rp25.000 hingga Rp35.000/ ekor.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017