Ternate, 8/7 (Antara Maluku) - Persiter Ternate U-17 tahun membuka peluang untuk lolos di Piala Suratin wilayah Maluku Utara (Malut), setelah menang atas Persihalbar dengan skor tipis 1-0 dalam laga perdana di Lapangan Gelora Kieraha Ternate, Sabtu, .

Gol satu-satunya dicetak gelandang Persiter Mahmud Toduho pada babak kedua menit ke-87 menempatkan Persiter Ternate berada pada posisi puncak Wilayah Malut.

Pertandingan yang dipimpin wasit Zulkifli Abdul Kasim dari Tidore Kepulauan ini berjalan seru, kedua tim bermain lepas dan saling menyerang, namun sejumlah peluang tidak dapat dimanfaatkan kedua tim.

Persihalbar pada babak kedua mampu menekan tim tuan rumah Persiter Ternate, dan pada menit ke-65 tendangan kaki Alfri Wadjur nyaris merobek jala gawang Persiter yang dikawal Adrian Daud, namun bola terkena tiang mistar.

Meskipun mampu menguasai pertandingan, Persihalbar tidak mampu membalas satu-satunya gol Mahmud Toduho, hingga wasit meniup peluit babak kedua berakhir.

Pelatih Persiter Rahmat Rivai mengakui pada laga perdana itu para pemainnya belum mampu menunjukkan permainan maksimal di semua lini.

"Meskipun menang, tetapi performa seluruh pemain Persiter tidak optimal, karena semua pemain belum membangun komunikasi dan menjalankan instruksi pelatih," kata mantan pemain Timnas PSSI tersebut.

Oleh karena itu, dirinya menyatakan pada pertandingan kedua menghadapi Persihalut Kabupaten Halmahera Utara akan melakukan evaluasi seluruh pemainnya, terutama pemain depan dan pertahanan.

Di tempat terpisah, Asisten Manager Persihalbar Lon Abdul Gafur ketika dihubungi menyayangkan kepemimpinan wasit yang mengeluarkan keputusan merugikan tim Persihalbar.

"Tentunya kekalahan di laga perdana merupakan kesalahan wasit, karena gol yang dicetak pemain Persiter murni offside, karena asisten wasit telah mengangkat bendera tandanya offside," katanya.

Untuk itu, pihaknya akan mengajukan protes atas kepemimpinan wasit Zulkifli Abdul Kasim yang mensahkan gol satu-satunya Persiter Ternate tersebut.

Piala Suratin U-17 tahun untuk wilayah Malut diikuti empat tim diantaranya Persiter Ternate, Persikota Tidore Kepulauan, Persihalut Halmahera Utara dan Persihalbar Kabupaten Halmaherat Barat.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017