Ambon, 12/7 (Antara Maluku) - Barnabas Orno merupakan pendaftar pertama di Partai Demokrat Maluku saat partai politik (Parpol) ini membuka pendaftaran hari pertama (Rabu) untuk menjaring kandidat bakal calon (Balon) Gubernur dan Wagub untuk mengikuti Pilkada pada 27 Juni 2018.

Antara yang melakukan pemantauan mencatat, Bupati Maluku Barat Daya (MBD) periode kedua yang dilantik di Ambon pada 26 April 2016 itu memberikan kuasa kepada Julian Siwitiory untuk melakukan pendaftaran di Komisi Pemenangan Pemilu (KPP) DPD Partai Demokrat Maluku di sekretariatnya beralamat Belakang Soya, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Julian diterima tim Komisi Pemenangan Pemilu DPD Partai Demokrat Maluku yang diketuai, Max Marchel Sahusilawane.

"Kandidat sedang bertugas dinas di Jakarta sehingga memberikan kuasa untuk mengambil formulir pendaftaran," ujar Julian.

Setelah menyelesaikan administrasi pengambilan formulir, maka Julian bersilaturahmi dengan Max selama beberapa menit, selanjutnya meninggalkan sekretariat DPD partai Demokrat Maluku.

"Kandidat termotivasi untuk mengambil formulir yang pertama sebagai pertanda terang sebagaimana proses serupa di DPD PDI Perjuangan maupun DPW Partai Nasdem Maluku," kata Julian.

Kandidat lainnya yang mengamil formulir adalah anggota DPRD Maluku dari Fraksi Demokrat, Melky Frans.

"Saya adalah kader sehingga optimistis direkomendasikan DPP Partai Demokrat," ujarnya.

Ketua KPP DPD Partai Demokrat Maluku, Max Marchel Sahusilwane mengemukakan, dibuka pada 12 - 15 Juli 2017. Pengembalian formulir/berkas pada 17 - 22 Juli 2017.

Pendaftaran Balon Gubernur - Wagub Maluku mengacu kepada AD/ART dan petunjuk Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat No.05/INT/DPP.PD/VI/2017 tertanggal 23 Juni 2017.

Kandidat saat pengambilan formulir bisa diwakilkan. Namun, saat pengembalian hanya diperbolehkan kandidat tanpa bisa diwakilkan.

Max mengemukakan, hasil survei, baik oleh kandidat Gubernur, Wagub maupun DPD Partai Demokrat Maluku selanjutnya disampaikan ke DPP Partai Demokrat untuk mempertimbangkan pemberian rekomendasi.

"Kami menjadwalkan DPP Partai Demokrat telah menerbitkan rekomendasi untuk pasangan Balon Gubernur - Wagub Maluku pada Desember 2017 atau awal Januari 2018," tandasnya. 

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017