London, 26/7 (Antara Maluku) - Sembilan atlet renang Indonesia ambil bagian pada International FINA World Championship di Budapest, 14-3O Juli 2O17 melibatkan lebih dari 5000 atlet dari 182 negara.  

Perenang Indonesia yang berlaga adalah Aflah Fadlan Prawira, Glenn Victor Sutanto, Indra Gunawan, I Gede Siman Sudartawa, Triady Fauzi Sidiq, Anandia Treciel Vanessae Evato, Azzahra Permatahani, Raina Saumi Grahana Ramdhani dan Ressa Kania Dewi.

Ketua kontingan tim Akuatik Indonesia, Ali A Patiwiri kepada Antara di London, Rabu menyebutkan kompetisi di FINA merupakan kompetisi yang amat berat, karena kualifikasi perenang yang sangat tinggi dan hanya bisa diikuti oleh perenang kelas dunia.

Masuknya perenang Indonesia di FINA sendiri sudah merupakan prestasi karena kualifikasi tersebut. Perenang Indonesia mengikuti lomba renang di nomor gaya bebas, dada, punggung, kupu-kupu dan gaya campuran.

Walau belum berhasil bersaing dengan perenang dunia yang juga mengikuti pertandingan, di nomor-nomor tersebut, Perenang Indonesia menunjukkan peningkatan prestasi yang menggembirakan.         

Pada pertandingan pertama, perenang Indonesia, Ressa Kania Dewi berhasil masuk tahap penyisihan walaupun belum berhasil di kompetisi final.

Duta Besar RI untuk Hongaria, Ibu Wening Esthyprobo sangat mendukung partisipasi Indonesia dalam kejuaraan internasional tersebut. KBRI Budapest bersama masyarakat Indonesia di Hongaria ikut datang langsung ke acara pertandingan memberikan support bagi perenang-perenang andalan Indonesia tersebut.

FINA World Championship merupakan perlombaan renang International tahunan yang diselenggarakan oleh FINA (Federation Internationale de Natation) yang diikuti oleh seluruh perenang kelas dunia.

Tahun ini tercatat lebih dari 5000 atlit dari 182 negara mengikuti FINA World Championship di Budapest yang akan diadakan dari 14 hingga 30 Juli mendatang.

Pewarta: Zeynita Gibbons

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017