Ambon, 28/7 (Antara Maluku) - Sebanyak 130 pelajar SMP dan SMA di Pulau Saparua dan Kota Ambon menerima pembekalan nilai-nilai Pancasila melalui kegiatan sosialisasi tentang wawasan kebangsaan yang diselenggarakan oleh Kodim 1504/Ambon.

Siaran pers Penerangan Korem 151/Binaiya yang diterima Antara, Jumat, menyebutkan, sosialisasi itu digelar secara serentak di Koramil 1504-01/Baguala, Kota Ambon, dan Koramil 1504-03/Saparua, Kabupaten Maluku Tengah.

Disebutkan, sosialisasi wawasan kebangsaan yang diberikan kepada 60 pelajar SMP Negeri 16 Desa Nania, dan 70 pelajar SMA Negeri 4 Porto, Saparua itu bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme dalam diri generasi muda.

Dalam kegiatan itu, para pelajar diingatkan untuk selalu memiliki sikap toleransi dan kepedulian kepada sesama, serta mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Toleransi mencakup sikap tidak membeda-bedakan agama, suku maupun budaya namun tetap menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku, budaya, bahasa serta penduduk yang memiliki keyakinan berbeda-beda.

Di samping itu, para pelajar juga diingatkan untuk selalu rajin belajar dan menimba ilmu setinggi-tingginya untuk memajukan bangsa Indonesia, menghindari pergaulan bebas, narkoba, minuman keras ,dan perbuatan lain yang merugikan diri sendiri maupun keluarga.

Para pelajar juga diberikan pemahaman bahwa mereka adalah generasi muda yang diharapkan dapat mengisi pembangunan dengan berbuat terbaik bagi kemajuan bangsa.

Sosialisasi wawasan kebangsaan menyajikan materi tentang ideologi Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika.

Dalam kegiatan itu, para pelajar juga dibekali pengetahuan baris-berbaris yang melatih kedisiplinan serta kerja sama tim, yang nantinya berguna saat mereka memasuki dunia kerja.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017