Ambon, 1/8 (Antara Maluku) – Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVI/Pattimura, Mayjen TNI Doni Monardo menggelar kegiatan Jam Pimpinan kepada seluruh Prajurit dan PNS jajaran Kodam XVI/Pattimura yang ada di wilayah Ambon, bertempat di Lapangan Tenis Indoor Tapal Kuda, Ambon, Senin.

Kegiatan tersebut diawali perkenalan para pejabat baru di lingkup Kodam Pattimura, di antaranya Staf Ahli Pangdam XVI/Pattimura Bidang Ilpengtek dan LH Kolonel Inf Suwarno, S.AP, Staf Ahli Pangdam XVI/Pattimura Bidang Hukum dan Humaniter Kolonel Arh Hari Arif Wibowo.

Selanjutnya, Danpomdam XVI/Pattimura Letnan Kolonel Cpm Widyo Wahyono, Kahubdam XVI/Pattimura Letnan Kolonel Chb Mangkulle, S.I.P, Kakudam XVI/Pattimura Kolonel Cku Agus Sutopo, S.E.,M.M.

Acara dilanjutkan dengan sambutan singkat Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVI/Pattimura, Brigjen TNI Tri Soewandono, yang antara lain menyampaikan bahwa tingkat pelanggaran yang terjadi di Kodam
XVI/Pattimura pada bulan Juni mengalami penurunan, dan hal itu sepatutnya dapat ditingkatkan. 

Kasdam juga menyinggung tentang prajurit TNI yang belum mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM) agar segera dibuat, dan sebagai aparatur Negara TNI dan Polri selalu bersinergi demi terwujudnya Maluku yang aman.

Sementara itu, Irdam menyampaikan pengarahan tentang administrasi dan produk agar tetap tertib dan lengkap, dilanjutkan pengarahan dari Asintel tentang aspek wilayah Kodam Pattimura dan penyampaian tentang macam bentuk pelanggaran.

Selanjutnya, pengarahan dari Asops mengenai bidang perencanaan, bidang latihan, bidang operasi serta kegiatan seleksi Yongmoodo dalam rangka mencari bibit atlet.

Pengarahan dari Aspers mengenai staf personel yang meliputi 5 bidang antara lain Binkar, Jahril, Pendidikan, Kumtib, dan Binpers.

Pengarahan dari Aslog tentang pemilaharaan Alkap, logistik dan rumah dinas, serta pengarahan dari Aster Kasdam XVI/Pattimura mengenai kemampuan Teritorial, Komsos, pertahanan wilayah, dan bakti TNI.

Pada jam Komandan tersebut, Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Doni Monardo mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit yang telah menyelenggarakan acara ini dengan baik dan lancar. 

Pangdam menyampaikan dan berpesan kepada seluruh Prajurit dan PNS khususnya Putra Daerah agar mempersiapkan SDM, mengingat Maluku yang kaya sumber daya alam seperti ikan. 

Menurut Pangdam, kalau sumber daya manusianya memadai, hal itu dapat meningkatkan pendapatan daerah, dan dengan demikian penghasilan pajak juga meningkat sehingga APBN pusat menjadi lebih, dan secara otomatis berdampak pada meningkatnya kesejahteraan terutama bagi Prajurit.

Pangdam juga menegaskan bahwa kesejahteraan dapat meminimalisir konflik karena luasnya lapangan pekerjaan dan tidak adanya kesenjangan sosial.

Jam Pimpinan tersebut juga dihadiri oleh Kapolda Maluku, Irjen (Pol) Deden Juhara. 

Dalam pengarahannya, Kapolda menyampaikan agar TNI/Polri tetap bersatu dan saling bersinergi karena TNI/Polri merupakan garda terdepan, pilar Bangsa dalam menjaga keamanan/ketertiban yang ada di NKRI khususnya Maluku dan Maluku Utara.

Acara juga diwarnai penyerahan piagam penghargaan oleh Pangdam XVI/Pattimura kepada Prajurit TNI/Polri dan warga sipil.

Penghargaan diberikan kepada antara lain Danramil P. Banda Lettu Inf Effendi, Kapolsek P. Banda Iptu M.Mulan dan Camat P. Banda Bpk. Kadir B, karena telah membantu penyelamatan Kapal KM. SPBU Banda yang sempat hilang beberapa waktu silam, dan kepada Satuan/Prajurit berprestasi lainnya.

Dalam acara tersebut, tokoh agama yang ada di Wilayah Maluku juga memberikan ceramah dan motivasi sebagai selingan kepada seluruh Prajurit dan PNS Kodam XVI/Pattimura, mengingat Nasionalisme tanpa Agama dapat merusak Bangsa dan Negara.  (Pendam16)

Pewarta: Siaran Pers

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017