Ternate, 22/8 (Antara Maluku) - SMP Negeri 1 Kota Tidore Kepulauan menjadi wakil Provinsi Maluku Utara untuk berlaga di Liga Sepak Bola Pelajar U-14 Piala Menpora di Magelang, Jawa Tengah, 5 September 2017.

"Tiket untuk berlaga di tingkat nasional ini diperoleh usai mengalahkan SMP Islam Ternate pada laga final Piala Menpora U-14 Seri Maluku Utara Tahun 2017 di lapangan sepak bola Kelurahan Mareku," kata Staf Ahli Wali Kota Tidore Kepulauan Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan, Jamaluddin Badar, di Ternate, Selasa.

Dia mengatakan sepak bola mengajarkan tentang kerja sama tim yang intinya menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan.

"Kita semua harus mampu mempelajari dan menerapkan makna filosofi tersebut pada diri sendiri dan dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Selain itu, katanya, hasil akhir dari Turnamen Piala Menpora U-14 Seri Provinsi Maluku Utara, bukanlah untuk dirasakan saat ini akan tetapi kelak atau lusa.

Ia menjelaskan tentang olah raga yang berperan mempersiapkan mental dan fisik anak-anak sejak dini, untuk menghadapi sejumlah kejuaraan ataupun turnamen pada masa-masa mendatang.

"Hasil akhir dari pertandingan hari ini tentunya baru dapat kita rasakan dalam waktu lima atau enam tahun ke depan, di mana para pemain sudah siap memasuki kompetisi usia remaja dan dewasa," ujarnya.

Ketua Korwil Badan Liga Sepakbola Pelajar Indonesia (BLiSPI) Maluku Utara Ismid H.A. Latif mengatakan kegiatan utama BLiSPI adalah memutar pertandingan liga yang terdiri atas liga pelajar SD, SMP, SMA secara berkala, mulai tingkat kabupaten/kota hingga provinsi dan nasional di setiap tahun, sebagai agenda tahunan Kemenpora RI.

Ia mengatakan turnamen tersebut bentuk kepedulian serta program nyata untuk ikut membenahi dan membangun sepak bola Indonesia di jenjang usia muda yang lebih baik lagi, sebagai basis pembinaan sepak bola yang akan menopang jenjang pembinaan berikutnya.

Turnamen Sepak Bola Pelajar U-14 Piala Menpora Seri Maluku Utara Tahun 2017 diikuti enam kesebelasan. Turnamen itu mulai 13 hingga 20 Agustus 2017.

Keluar sebagia juara kedua, SMP Islam Ternate, juara ketiga SMP Kabupaten Taliabu.

Pemain terbaik M. Nur dari SMP Islam Ternate, sedangkan pencetak gol terbanyak Aprianto Nurdin.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017