Ambon, 5/9 (Antara Maluku) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Manpan-RB) Asman Abnur dijadwalkan akan membuka Pameran Inovasi dan sekaligus menghadiri peringaran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-442 Kota Ambon pada 7 September 2017.

"Sesuai jadwal Menpan bersama Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Adi Suryanto, akan datang ke Ambon untuk membuka Pameran Inovasi serta menghadiri upacara peringatan HUT Kota Ambon," kata Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana Kota Ambon, Fredinandus Fredik Tasso, Senin.

Menurut dia, sebanyak 46 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Ambon akan menampilkan inovasi di pameran tersebut.

Setiap OPD memiliki lebih dari satu program inovasi berupa pengaduan secara online, surat elektronik dan pembayaran pajak secara online, yang telah dikembangkan pemkot kepada masyarakat.

"Dari 60 OPD di Pemkot Ambon, 46 di antaranya akan menampilkan inovasi dari kurang lebih 101 program inovasi pelayanan publik yang telah disampaikan saat penandatanganan kerja sama dengan (LAN)," katanya.

Fredik menyatakan, program inovasi penting guna memenuhi kebutuhan masyarakat, ditambah lagi dengan perkembangan ilmu dan teknologi yang semakin maju saat ini.

"Setiap daerah juga berlomba membuat program inovasi, karena memudahkan masyarakat dalam melakukan pengurusan perijinan atau kebutuhan lain," ujarnya.

Kehadiran Menpan-RB untuk membuka pekan inovasi merupakan sebuah kehormatan bagi masyarakat kota Ambon, setelah sebelumnya di tahun 2014, Menpan telah meresmikan pelayanan terpadu satu pintu di lingkup Pemkot Ambon.

"Kita berharap semakin banyak program inovasi yang dihasilkan, maka akan membawa dampak yang besar pula bagi masyarakat dalam melakukan pelayanan publik," tandasnya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017