Ambon, (7/9) - Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Doni Monardo memimpin upacara penerimaan Satgas Yonif Raider 515/UTY dan pelepasan Satgas Yonif 726/Tamalatea dan Satgas Yonif 734/SNS, di lapangan upacara Lantamal IX Ambon.

Siaran pers Penerangan Kodam Pattimura, Kamis, menyebutkan, Pangdam selaku Pangkoops menilai prestasi Yonif 726/Tamalatea selama bertugas di Maluku dan Maluku Utara sangat memuaskan.

"Awalnya saya sedikit kawatir namun apa yang dikawatirkan tidak terbukti, bahkan membuat prestasi sangat luar biasa dan ini patut dibanggakan," katanya, saat memberikan sambutan dalam acara tersebut, Rabu.

Prestasi itu, menurut Pangdam, tidak lepas dari peran aktif Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat yang memberikan masukan dan dilaksanakan dengan baik.

"Walaupun ada satu anggota kalian gugur pada saat melerai pertikaian di Latea, namun proses hukum telah dijalankan dan pelaku telah dijatuhi hukuman seumur hidup," katanya.

Pangdam juga menyampaikan rasa bangga kepada Yonif 734/SNS yang masih baru tetapi bisa menyelesaikan tiap permasalahan yang dihadapi.

"Menurut saya kalian cukup baik dan berhasil," katanya.

Selanjutnya, Pangdam mengucapkan selamat datang kepada Yonif R 515/UTY yang akan bertugas di "bumi raja-raja", di Maluku dan sebagian di Maluku Utara.

"Saya berharap kalian bisa mengikuti keberhasilan dari 726/Tamalatea, saya yakin kalian bisa menyerap apa yang sudah dibekali oleh Toga, Tomas dan Todat yang sudah berkunjung di asrama kalian sebelum datang ke Ambon," katanya.

Luka-luka lama di Maluku, lanjutnya, masih ada namun harus dihilangkan, dan Yonif R 515/UTY harus menjaga hubungan baik antara TNI dan Polri.

"Hindari gesekan dengan rekan kita," kata Pangdam.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolda Maluku Irjen Pol. Deden Juhara juga menyampaikan terima kasih kepada Yonif 726/ Tamalatea dan 734/SNS atas kerja samanya selama bertugas di Maluku dan Maluku Utara, serta menjaga senergitas TNI-Polri.

"Ini sangat luar biasa, dan titip salam saya kepada keluarga yang ada di home base. Pada Yonif R 515/UTY, saya berharap agar dipertahankan nama baik yang sudah dimiliki dan adakan koordinasi dengan Polri yang ada di lapangan, jalin hubungan yang baik," katanya.

Turut hadir dalam upacara tersebut Roni Tairas (staf ahli) yang mewakili Gubernur Maluku, Kabinda Maluku, Wadanlantamal, Danlanud Pattimura, Danrem 151/Binaiya, Danrindam XVI/Pattimura.

Selain itu, para Asisten Kasdam, Kabalak Kodam XVI/Ptm, Kasat Brimob Polda Maluku, Kajari Ambon, Kepala Pengadilan Ambon, Dandim 1504 Ambon, Dandim 1502 Masohi dan Kapolres Pulau Ambon dan P.P Lease.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017