Ternate, 14/9 (Antara Maluku) - Sebanyak 100 pelajar SMA/SMK sederajat di Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara mengikuti pelatihan bela negara yang diadakan Kantor Kesbangpol Halut.

Bupati Halmahera Utara, Frans Manery di Ternate, Kamis, mengatakan, upaya Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 sebagai landasan konstitusional dalam pelaksanaan bela negara bagi warga negara.

Dia mengatakan, tantangan yang dihadapi bangsa yang besar ini adalah, bagaimana kita dapat mengelola kemajemukan.

Kemajemukan bisa menjadi kekuatan dan harus dijaga, sehingga dibutuhkan sumber daya manusia yang tidak hanya memiliki penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga memiliki kualitas sikap mental dan perilaku cinta tanah air dan rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan Negara, ujarnya.

Selain itu, bela negara dalam konteks reformasi saat ini, haruslah lebih maknai secara aplikatif terhadap kesadaran dan tanggung jawab setiap warga Negara atau warga masyarakat untuk membela negara serta mewujudkan tatanan lingkungan bermasyarakat yang komunikatif antara satu dengan yang lain.

Bupati menjelaskan, wilayah Indonesia secara geografis sangat luas, demikian pula dengan jumlah penduduk yang banyak serta pola kehidupan masyarakat yang majemuk.

Hal ini tentunya akan berdampak terhadap peluang yang dapat menimbulkan konflik, apabila sebagai masyarakat lebih mementingkan diri sendiri dan mengedepankan keegoisan masing-masing dan secara khusus dikalangan kaum muda.

"Perilaku dan karakter kaum muda, umumnya masih cenderung kurang mampu menguasai keegoisan yang timbul dari dalam diri sendiri. Dan karena itu, kekerasan dalam pergaulan lebih sering pemicunya adalah bersalah paham karena pengaruh minuman keras, narkoba dan kenakalan remaja lainnya," kata bupati.

Dia juga berharap semua elemen masyarakat dan dapat mengayomi, mendidik para remaja, pemuda sebagai generasi penerus bangsa.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017