Ambon, 21/9 (Antara Maluku) - Kodam XVI/Pattimura menggelar acara Nonton Bareng film Pengkhianatan G30S/PKI yang diikuti oleh 1.335 personel Kodam XVI/Pattimura baik militer maupun PNS serta keluarganya, bertempat di Lapangan Indoor Tapal Kuda, Kota Ambon, Maluku.

Siaran pers yang diterima Antara menyebutkan, Pangdam Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo saat membuka acara tersebut, Rabu malam, menegaskan bahwa Partai Komunis Indonesia (PKI) adalah suatu organisasi yang ingin mengubah ideologi Pancasila menjadi ideologi Komunis.

Ia menyatakan PKI telah dua kali melakukan pengkhianatan terhadap bangsa ini, yaitu pada 1948 di Madiun dengan membunuh para santri dan kiai, dan pada 30 September 1965 dengan membunuh tujuh jenderal Angkatan Darat yakni Jenderal Ahmad Yani, Letjen Suprapto, Letjen Haryono, Letjen S. Parman, Mayjen D.I. Panjaitan, Mayjen Sutoyo Siswomiharjo, dan Brigjen Katamso Darmokusumo yang ditetapkan sebagai Pahlawan Revolusi.

"Tentara yang menjunjung tinggi Sapta Marga dan Sumpah Prajurit tidak akan membiarkan siapapun yang ingin mengubah ideologi Pancasila, sehingga jika ada yang ingin mengubah ideologi pancasila, maka tentara adalah organisasi terdepan yang akan melindungi negara ini. Jangan sampai kita terpengaruh pada isu-isu yang ingin memecah belah, kita harus bangga dengan Pancasila," katanya.

Kegiatan Nonton Bareng tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman dan mengingatkan kembali kepada seluruh komponen masyarakat khususnya generasi muda akan adanya peristiwa penghianatan G 30 S/PKI, sehingga generasi muda benar-benar memahami sejarah bangsa ini serta berupaya mengantisipasi dan mewaspadai bahaya laten Komunis.

Paham komunis sangat bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila sehingga dapat membahayakan kehidupan bebangsa dan negara.

"Kita harus terus menjaga ideologi Pancasila yang merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia, dan terus menghayati dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya," kata Pangdam.

Kegiatan Nonton Bareng film Pengkhianatan G 30 S/PKI ini adalah yang pertama kali digelar Kodam XVI/Pattimura dengan melibatkan anggota dan keluarga. Selanjutnya akan dibuka untuk masyarakat umum secara gratis hingga tanggal 30 September 2017, yang akan dikoordinir oleh para Dansat dan Kabalak di wilayah masing- masing.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017