Ternate, 28/9 (Antara Maluku) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara (Malut), telah berhasil mencetak sawah seluas 80 hektar di Desa Tugu Air.

Bupati Halmahera Barat Danny Missy di Ternate, Kamis, mengatakan, cetak sawah yang saat ini dilaksanakan melalui kerjasama dengan TNI AD telah berhasil dan kini memasuki tahap penanaman.

Apabila program ini berhasil Kementerian Pertanian akan memberikan bantuan cetak sawah tambahan sebanyak 1.000 hektar, katanya.

"Oleh karenanya, saya meminta khususnya kepada masyarakat Desa Tugu Air mari kita bekerja lebih bersungguh-sungguh karena nanti hasil panennya pun akan sangat membantu perekonomian masyarakat dimana potensi hasil dari tiap 1 hektar adalah 6 ton apabila dikali total lahan serta harga beras saat ini maka akan diperoleh hasil yang dapat dinikmati oleh masyarakat," ujarnya.

Selain itu, apabila terdapat kendala di lapangan baik Kepala Desa maupun Camat diminta untuk melanjutkannya ke Kadis Pertanian setempat, katanya.

Dia mengakui, cetak sawah tersebut merupakan program unggulan di bidang pertanian sehingga Pemkab telah menganggarkan dalam APBD tentang perluasan pertanian yang tidak hanya meliputi padi tapi juga tanaman palawija seperti jagung, tomat, kol dan lain sebagainya.

Pada sektor distribusi, Pemkab telah memiliki kerjasama Segitiga Emas antara Ternate, Tidore dan Halmahera Barat dan menargetkan kedepan Halmahera Barat dapat menjadi penyangga untuk memasok kebutuhan dari ketiga daerah tersebut.

"Ke depan saya juga akan memberikan stimulus membuat percontohan di lingkup pemerintahan selain TNI AD dan Dinas Pertanian juga kita akan coba memberikan bantuan kepada Kepolisian, Kejaksaan maupun instansi lainnya masing-masing sebanyak 10 Ha agar dapat memberdayakan dan memaksimalkan hasil yang diperoleh," katanya.

Dalam acara tersebut juga dilaksanakan penanaman perdana oleh Bupati Halbar beserta Forkopimda dan masyarakat serta penyerahan secara simbolis sawah seluas 80 Ha kepada Dinas Pertanian Kab. Halbar dan kelompok tani.

Sementara itu, Dandim 1501/Ternate Letkol Inf Abdul Razak Rangkuti, S.Sos menyampaikan bahwa sejauh ini pihaknya telah mencetak sawah seluas 180 Ha di Halmahera Barat termasuk di Desa Tugu Air ini.

"Kita optimis program ini dapat berjalan dengan sangat baik terlebih dukungan penuh dari Pemda maupun respon positif dari masyarakat, sehingga kedepan berdasarkan pernyataan Bupati tadi maka kita wujudkan Halmahera Barat ini menjadi lumbung pangan yang tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan sendiri tetapi juga dapat mengirimkan ke luar daerah," ujarnya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017